Aplikasi Adobe Photoshop Touch di tablet sentuh iPad

Adobe Photoshop Touch sentuh untuk iPad foto gambar videoHari ini, Senin bulan Februari, Adobe mengeluarkan Photoshop Touch untuk komputer sentuh iPad. Ia tak berbeda banyak dengan Photoshop versi desktop. Namun jika kau tidak terbiasa, ia  membingungkan agaknya. Menu, tools, dan layer tersedia dalam keduanya. Hanya saja, di Photoshop sentuh, mereka dipelintir sedikit.

Daftar Isi

  1. Tutorial Adobe Photoshop sentuh
  2. Adobe Photoshop Touch dan tampilannya
  3. Daftar menu Photoshop sentuh
  4. Integrasi dengan layanan lain
  5. Harga Adobe Photoshop touch

Tutorial Adobe Photoshop sentuh

Adobe Photoshop Touch dan tutorialSaat pertama kali menjalankan Adobe Photoshop sentuh, kau disambut dengan layar Selamat Datang yang memberimu pertanyaan apakah mau berlanjut ke tutorial ataukah ke proyek baru. Saranku: berlanjutlah ke tutorial. Sebab, dalam Photoshop sentuh, beberapa tools dan menu terletak pada tempat yang kadang berbeda dari versi desktop.

Tutorial berisi 13 pelajaran, mulai dari cropping hingga penggantian background, mulai dari pengubahan warna hingga dropdown shadows. Ini tentu saja bagian yang sangat penting.

Adobe Photoshop Touch dan tampilannya

Layout Photoshop Touch di iPadDi Adobe Photoshop sentuh, tools dibikin begitu sederhana. Pada sisi kiri, seperti halnya versi desktop, kau melihat rentetan alat yang biasa kita sebut "Tools Palette." Ia berisi alat-alat macam Marquee Selection tool, Magic Wand tool, Eraser, Smudge dan Blur tool.

Di sisi kanan layar, kau menjumpai layers palette. Masing-masing layer ditampilkan secara thumbnail, dan ia sama halnya dengan Photoshop pada desktop.

Dengan menyentil tombol kecil di dekat layer, kau membuka pilihan seperti opacity, blend mode, merge dan delete. Dan satu rahasia yang menarik adalah: Apabila kausentuh layer dua kali secara cepat, kau disuguhi tampilan tiga dimensi.
Pilihan dalam perangkat Adobe Photoshop Touch



  1. Tombol back: Menutup dokumen dari layar
  2. Add image: Menambah gambar sebagai layer dalam dokumen
  3. Pensil: Berisi pilihan seperti Cut, Copy, Paste, Delete dan lain-lain
  4. Empat panah: Mengirimmu ke modus transform, sebuah pilihan di mana kau bisa mengubah ukuran gambar, memutarnya, dan menggerakkannya
  5. fx: Memberimu efek macam dropshadow, Gaussian blur, Halftone patterns, dan Old Sepia
  6. &: Berisi crop, image size, Fill & stroke, Text, Gradient, Fade, Warp, Camera Fill
  7. Ikon terakhir: Menyembunyikan palette dan menampilkan gambar saja

Integrasi dengan layanan lain

Adobe Photoshop sentuh terintegrasi dengan layanan macam Google dan Facebook. Kau bisa impor foto Facebook langsung ke aplikasi atau melakukan pencarian Google seketika itu juga melalui Photoshop.

Harga Adobe Photoshop touch

Software ini dijual seharga 9,99 dolar Amerika. Itu sekitar Rp90 ribuan, sebuah harga yang murah untuk aplikasi sekeren Photoshop touch. Kau bisa memperoleh Photoshop Touch di iPad App Store.

Narablog dan media suratkabar online maupun cetak boleh mengutip beberapa paragraf atau bahkan seluruh alinea dari artikel ini, tanpa harus ada ijin dariku, asalkan sumber davologi.blogspot.com disebutkan dan diberikan tautan.

2 Responses to "Aplikasi Adobe Photoshop Touch di tablet sentuh iPad"

  1. Kenapa di tulisan ini menggunakan kata kau, kok bukan kamu. ...?

    BalasHapus
  2. Jhony, aku pakai kau karena dia lebih singkat ketimbang kamu atau anda. Aku suka sesuatu yang ringkas. Dan di samping itu, aku tidak percaya bahwa kata ganti "kau" dianggap lancang. Jika ia lancang, maka Tuhan tak seharusnya dipanggil dengan sebutan "Kau."

    BalasHapus

wdcfawqafwef