Mantap Gan

Orang Indonesia berbeda dengan barat untuk urusan menulis komentar. Di Indonesia, orang-orang menulis "mantap," "nice info," "lanjut," dan "siip." Seolah penulisnya kehabisan jatah kata dan hanya tersisa kata-kata itu.

Atau, yang lebih hebat: komentar dengan emoticon saja, seperti ini :).

Di Amerika, khususnya bagian utara, komentar ditulis panjang dan baik--komentar bukan sebuah template. Jarang kaudapati ejaan alay s3peRt1 1n!, sekalipun bocah 10 tahun yang mempostingnya lewat ponsel.

Sekitar tahun 2003, ketika ponsel dipasarkan luas dan ditamabahkan fitur internet, semua orang memilikinya, dan Indonesia memasuki dunia baru, sebuah geliat kehidupan yang kita sebut "online." Internet berada di genggaman tangan. Orang bikin email. Pelajar membuat akun jejaring sosial. Cendekia dan wartawan mencipta blog dan menulis.

Namun wabah nice info tidak menjangkiti rakyat kita kala itu. Kita mendapati posting dan tanggapan yang bermutu. Blogger dan para komentator, di awal kehidupan internet nusantara, adalah orang-orang serius; mereka mahasiwa, dosen, peneliti, dan wartawan. Hal itu, saya pikir, karena tak semua orang memperoleh akses internet.

Semakin ke belakang, tanggapan panjang semakin tidak digemari. Saya beranggapan dengan bertambahnya tahun, bertambah buruk pula mutu blog dan komentar kita. Itu bukan berarti bahwa blogger wajib menulis panjang supaya dikatakan bagus. Namun semestinya setiap ucapan yang mereka tulis mengatakan sesuatu, memiliki bobot dan tidak omong kosong. Kerap mereka menulis panjang yang berisi hanya blah blah blah.

Lalu Kaskus berkembang sebagai salah satu situs forum terbesar di negeri ini. Istilah anyar muncul: sedot, TKP, sundul, cendol, maho dan mantab gan. Gan sapaan pendek untuk juragan, sebuah panggilan bagi anggota Kaskus.

Kaskus, yang berdiri pada 1999, dicipta tiga mahasiswa Indonesia Andrew Darwis, Ronald Stephanus, dan Budi Dharmawan. Tiga orang inilah yang bertanggungjawab atas begitu banyaknya nice info di Indonesia.

Istilah blogwalking -- atau jalan-jalan blog -- juga dipakai di Indonesia untuk menggambarkan silaturrahmi antar blogger. Mereka pergi dari blog satu ke blog yang lain, bukan untuk membaca posting, tapi untuk meninggalkan komentar "nice info. Kunbal ya."


Kredit foto: ImageShack

9 Responses to "Mantap Gan"

  1. Mantap gan, bener2 nais inpoh....hehehe.. !

    BalasHapus
  2. Kalian berdua baru saja melakukannya. :)

    BalasHapus
  3. NIce Ifo Gan begitulah kalo pengen Ngeksis :)

    BalasHapus
  4. hmm sy juga sering melakukanya, apa it termasuk spam gan?

    BalasHapus
  5. Saya sudah membaca dari atas sampai bawah, ada yang kelewatan mas David tidak menulisnya, yaitu 'No Comment' :D
    Kata no comment itu biasanya karena saking speechless nya :D
    Ysng ngeblog semakin menjamur, dan kebanyakan mereka bukan narablog, malah hanya sekedar iseng2 ngeblog, atau malah nggak punya hobi membaca sama sekali, jadi wajar kalau lihat postingan panjang langsung jemu dan jump to comment :)

    BalasHapus
  6. Atik, iya juga ya. Kelupaan. Hehe.

    BalasHapus

wdcfawqafwef