Facebook berusia delapan tahun, dan DAVOLOGI meluncur

Aku Facebookan selama hampir 48 bulan, terhitung sejak aku menggabunginya pada 2008 saat kuliah. Hari ini, Facebook berulang tahun.

Dan selagi ia mengulangtahuni dirinya yang kedelapan, orang-orang merenungkan banyaknya dampak yang telah diciptakan Facebook, baik maupun buruk, kecil maupun besar.

Apa yang kualami di Facebook kurang lebih mencerminkan hal yang sama pada kalian. Kita mengubah-ubah nama kita, bahkan hingga lupa nama aneh apa yang pernah kita gunakan di Facebook, dan kita unggah, atau ditag, banyak foto. Untuk sebagian foto yang kita enggan diberi tag, terkadang kita hapus penandaan itu. Kita menyaksikan perubahan status hubungan di profil teman-teman kita -- ada yang menikah; ada yang tunangan; ada yang pacaran. Bahkan, ada yang profil atau dindingnya menjadi ratapan saja dan kenang-kenangan setelah pemiliknya meninggalkannya mati. Kita tertawa. Kita menangis. Kita berbagi cerita.
Pada awal penerbitannya, Facebook digabungi hany oleh para mahasiswa. Di Indonesia saat itu penggunanya sedikit; mereka menghabiskan waktu lebih sering di Friendster, jejaring sosial yang kemudian tutup akibat putus asa.

Facebook, ketika itu, agaknya adalah kesenangan baru. Pada 2008 akhir, aku memeriksa Facebook agak kerap, meski hal itu tak kulakukan setiap hari seperti saat ini.

Aku memanfaatkan banyak fitur di sana. Salah satunya catatan. Fitur ini diperkenalkan pada 2006, dua tahun sebelum aku menggabunginya, dan ia laris sekali. Facebook melihat potensi lain. Setelah catatan, ia meluncurkan satu fitur tambahan: share atau berbagi.

Pada 2007, Facebook mulai menyaingi kepopuleran MySpace sebagai jejaring sosial terbesar. Pada tahun itu pula, Facebook mengeluarkan versi seluler.

Tahun 2008 adalah masa di mana Facebook melengkapi dirinya dengan obrol (chat), dan sekaligus mengembangkan wilayahnya dengan menambah berbagai bahasa, termasuk bahasa Indonesia. Dan ini adalah saat-saat Facebook mengalahkan sepenuhnya MySpace, si raja jejaring sosial waktu itu.

Facebook merilis penambahan username pada 2009. Fitur ini membuatmu mengatur sendiri nama pengguna di belakang URL facebook.com. Usernameku, misalnya, tampil seperti ini facebook.com/davidkhoirul. Pada tahun 2010, fitur pesan di Facebook mengijinkanku memiliki email dengan usernameku: davidkhoirul@facebook.com. Facebook menggabungkan inbox dan pesan chatting menjadi satu.

Di tahun lalu, pengguna dipersenang dengan penambahan obrolan suara dan video yang diberdayakan oleh Skype. Lalu ada juga fitur subscribe yang memungkinkanku melanggani profil seseorang. Sampai akhirnya, sekarang, profil kita menjelma menjadi kronologi (timeline).

Pada setiap perubahan itu, tentu aku melakukan banyak hal: mencolek, menulis dinding seseorang, menyurati di inbox, dan bahkan melakukan hack -- untuk yang ini, aku mohon maaf.

Tapi selagi Facebook berulang tahun, hari ini aku membuka secara resmi DAVOLOGI, blog yang sedang kaubaca ini. Maka di tahun-tahu mendatang, setiap Facebook merayakan hari jadi, DAVOLOGI juga akan ikut melakukannya.

Selamat ulang tahun, Facebook.

0 Response to "Facebook berusia delapan tahun, dan DAVOLOGI meluncur"

Posting Komentar

wdcfawqafwef