Google Doodle merayakan ulang tahun Charles Dickens

Sore ini saat aku buka Google.com di peramban desktop, aku mendapati logonya dihiasi foto kuno, dan tulisannya dipergayakan dengan font tempo dulu.

Biasanya, jika logo Google Doodle tampil dengan hiasan, pastilah ini hari yang berbeda. Aku tanya temanku Muliono hari apakah ini, dan jawabannya bagus sekali: hari Selasa.

Hiasan kuno ini, setelah kuselidik, adalah untuk merayakan ulang tahun Charles Dickens, penulis Inggris legendaris.

Ia salah satu penulis favoritku, tentu saja setelah Ernest Hemingway.

Lahir pada 7 Februari 1812 di Landport, Inggris, Charles John Huffam Dickens tumbuh di lingkungan yang keras dan dalam keluarga kelas bawah. Pada usia 12 tahun, setelah ayahnya dijebloskan ke penjara karena hutang, ia dipaksa bekerja di perusahaan semir.

Pengalaman hidupnya mempengaruhi novel-novelnya yang terkenal, seperti Oliver Twist, David Copperfield dan Great Expectations, yang merupakan favoritku.

Mengawali karirnya sebagai wartawan, Dickens menulis prosa sastra yang diterbitkan bulanan secara bersambung sebelum ia dikemas menjadi buku.

Gambaran realistik tentang Inggris yang dicipta oleh Dickens menjadikan dirinya salah satu novelis hebat. Namanya dikenal sekali di dunia sastra.

Dickens juga seorang Filantropis. Bersama Burdett Coutts, ia mendirikan pondok untuk wanita lemah dan membantu mengajari mereka baca-tulis.

Charles Dickens meninggal akibat stroke di rumahnya pada 8 Juni 1870. Kata terakhirnya, menurut laporan, adalah: "Menjadilah alami, anak-anakku. Sebab, penulis yang alami telah memenuhi segala aturan seni."

0 Response to "Google Doodle merayakan ulang tahun Charles Dickens"

Posting Komentar

wdcfawqafwef