Google mengulangtahuni Heinrich Hertz

Logo Google hari ini sama sekali tak tampak seperti Google. Sempat aku ragu apakah aku mengetik alamat google.com dengan benar. Di atas kotak pencarian, sebuah animasi gelombang dengan warna biru, merah, dan kuning meliuk.

Ya, Google Doodle berbeda sekali pagi ini karena ia sedang mengulangtahuni hari lahir Henrich Rudolf Hertz yang ke-155.

Untuk kau yang akrab dengan teknologi dan komputer, nama Hertz ini tidak akan asing. Alat prosesor yang menghidupkan komputermu, ponselmu dan tabletmu memiliki satu buah nyawa yang sering kita sebut dengan hertz (Hz), atau -- kadang kala -- megahertz atau gigahertz.

BACA JUGA: Google Doodle merayakan ulang tahun Charles Dickens

Hertz adalah satuan frekwensi yang mengukur gelombang dalam tiap satu detik; ia mengukur semua yang periodik.

Ilmuwan Jerman Heinrich Rudolf Hertz, yang lahir pada 22 Februari 1857, adalah orang pertama yang membuktikan keberadaan gelombang elektromagnet. Dan guna menghormati dirinya, satuan hertz diciptakan pada 1930, tiga puluh enam tahun setelah kematiannya.

Menariknya adalah, meskipun ia orang pertama yang membuktikan bahwa gelombang elektromagnet dapat bergerak dalam jarak jauh, Hertz tidak mendapatkan kegunaan apapun dari temuannya. Padahal, eksperimen Hertz itu menjadi pembuka bagi penemuan teknologi televisi dan radio.

Kau diperbolehkan mengopi isi artikel ini, tanpa meminta ijin dariku, selama kausebut sumber davologi.blogspot.com

0 Response to "Google mengulangtahuni Heinrich Hertz"

Posting Komentar

wdcfawqafwef