Tuesday, February 21, 2012

Mahluk halus tertangkap kamera ponsel China

Sesosok anak kecil gemuk, seram dan hitam tertangkap kamera kemarin siang.

Pada Senin sebelum Dzuhur, Dafa, lima tahun, memainkan ponsel Cross ayahnya untuk memotret sepeda motor di sebuah gang dekat pemakaman Sultan Agung di desa Blimbing, kecamatan Paciran, Lamongan, Jawa Timur.

Sebelum ia menekan tombol apapun, kameranya terjepret oleh tangannya secara tak sengaja, dan ponselnya mengarah ke gang kuburan yang biasa dilewati ayahnya dan orang di kompleks tersebut. Hasilnya: satu gambar abstrak, mirip lukisan, agak gelap.

Dalam foto itu tampak anak kecil di ujung gang sedang bersila. Matanya bulat. Kulitnya hitam. Mulutnya  tersenyum menghadap kamera.

Dafa lari ke rumah dan menunjukkan foto penampakkan itu dan orang serumah heboh.

Foto ini beresolusi rendah, hanya 220 x 176 piksel. Aku menerima gambar tersebut pagi ini di kedai kopi melalui Ahmad Jhony, teman blogger sekampung. Awalnya aku mengira itu rekayasa atau hasil efek negatif kamera. Tapi setelah kuperiksa, betul-betul ia belum diedit, dengan data exif yang masih apa adanya. Juga agak abstrak. Biasanya gambar seperti itu dihasilkan dengan membalik warna foto.

Aku meminta Jhony mengirimnya ke ponselku untuk kuubah warnanya menjadi negatif. Saat aku mengubah warnanya, hasil gambar makin aneh.

Coba tengok hasil pembalikan warna gambar berikut:

Dan berikut  gambar aslinya:

Pemakaman ini memunculkan penampakan makhluk halus beberapa kali. Kadang ada suara. Kadang ada hawa semriwing dan aroma bunga. Ia pemakaman keluarga. Di sekelilingnya, ada tembok setinggi tiga meter dan sebuah pintu rusak untuk masuk ke pekuburan.

Umala, warga setempat, menanyakan pada Jhony tentang foto apakah itu, dan Jhony menjawab dengan enteng, "Itu foto genderuwo."
Kuperbolehkan kau mengutip beberapa paragraf atau seluruh alenia dari artikel ini, tanpa harus ada ijin dariku, asalkan kausebut sumber davologi.blogspot.com dan kauberi tautan.

2 comments:

  1. bisa saja gambar seperti itu terjadi. karena kamera bergerak saat terpencet tombol nya oleh dafa. apalagi menggunakan hp cina yg cuma vga kamera,....

    ReplyDelete