Gara-gara Facebook, pria ini ketahuan wayoh

Fitur orang yang mungkin anda kenal FacebookFitur "Orang yang mungkin Anda kenal" di Facebook mendapat kutukan dari pria Washington setelah ia dituduh melakukan wayoh. Kau tidak tahu wayoh? Baiklah, berbeda dengan poligami, wayoh adalah tindak kriminal; ia dilakukan sembunyi-sembunyi dan tak disetujui. Kau dianggap wayoh saat kau menikahi wanita sementara kau masih punya istri syah.

Cerita wayoh di Washington itu terjadi ketika Ellenora Fulk, istri dari pria itu, disarani oleh Facebook untuk mempertemankan seorang wanita bernama Teri Wyatt-O'Neill. Saat mempertemankan dan mengeklik foto, Ellenora melihat gambar suaminya dan Teri minum shampain sambil berdiri di depan kue pernikahan. Dan itu dijadikan foto profil.

Suaminya, yang semula bernama Alan Fulk, mengganti namanya sebagai Alan O'Neill di Facebook. Kesal dengan kelakuan itu, Ellenora menemui suaminya, si O'Neill, yang meninggalkannya sejak 2009, dan tidak menceraikannya, sebagaimana kukutip dari Associated Press.

Kasus ini terjadi seminggu lalu. Dan jika terbukti benar, pewayohan ini membawa O'Neill, pria 40 tahun itu, ke penjara setidaknya selama setahun.

Di Indonesia sendiri, termasuk juga di kampungku Blimbing, aku lihat penculikan, pemerkosaan dan kejahatan lainnya terjadi lewat Facebook. Banyak perselingkuhan juga berasal dari situs itu. Tapi secara mentah-mentah menyalahkan Facebook adalah tindakan yang salah. Sebab, tak peduli apapun kejahatannya, keberdosaan diputuskan lebih oleh pelakunya, tidak melulu fasilitasnya -- ingat-ingatlah pisau yang tidak selalu dapat dipersalahkan hanya karena alat ini berkemampuan membunuh.

Kriminal di mana-mana. Kriminal Facebook adalah hal yang cukup sering. Menurut sebuah penelitian oleh American Academy of Matrimonial Lawyers, 80% dari para pengacara setuju bahwa perceraian yang disebabkan oleh media sosial macam Facebook dan Twitter semakin meningkat dalam lima tahun belakangan.

Gambar oleh: iStockphoto

0 Response to "Gara-gara Facebook, pria ini ketahuan wayoh"

Posting Komentar

wdcfawqafwef