Pria Prancis tuntut Google karena menampilkan foto dia lagi kencing

Google Street View melanggar privasi pria PrancisSeorang pria Prancis menuntut Google karena layanan Street View dari perusahaan itu menampilkan gambar dirinya yang sedang kencing. Pria itu tinggal di sebuah kampung kecil, dan karena gambar itu, ia dijadikan guyonan oleh tetangganya.

Street View adalah fitur dalam Google Map. Ia mengijinkanmu menengok peta dunia dan melakukan zoom berkali lipat, sehingga kau melihat jalan raya di desamu, gang kecil rumahmu, papan nama pada warungmu, mobil-mobil yang parkir dekat pohon sawomu, dan termasuk tetanggamu yang sedang buang air.

Di ponsel Nokia N70ku, Google Street View kadang aku aktifkan sekalipun ia meminta koneksi internet yang cukup besar, dan itu berarti biaya mahal. Aku menyiasatinya dengan Opera Mini Next Handler agar gratis. Dan pagi ini melalui Opera Mini, aku menengok gambar pria kencing tersebut.

Atas ketidaknyamanan yang dilakukan Google terhadapnya, pria Prancis itu menuntut agar foto tersebut dihapus dan -- kalau ini memungkinkan -- ia minta ganti rugi €10.000 atau sekitar Rp130 juta, seperti kukutip dari Reuters.

Jean-Noel Bouilard, pengacara dari pria Prancis yang tak mau sebut identitas itu, mengatakan: "Setiap orang memiliki hak atas kerahasiaan dan privasi dirinya."

Privasi dan Google Street View

Kebijakan soal privasi Google menjadi perdebatan yang menarik di Eropa. Pada hari Rabu, saat Google mengubah peraturan kebijakan, banyak negara Eropa memprotesnya karena mereka menganggap si perusahaan raksasa itu memasuki ke urusan pribadi pengguna.

1 Response to "Pria Prancis tuntut Google karena menampilkan foto dia lagi kencing"

  1. dengan begini aku tak harus melakukan hal yang buruk di luar rumah. . . ?
    Menarik sekali infonya bang david

    BalasHapus

wdcfawqafwef