Selamat ulang tahun keenam, Twitter

gambar ulang tahun Twitter ke-21Pada tanggal seperti ini di tahun 2006, sebuah situs mungil diluncurkan. Seekor burung menjadi logo untuk situs tersebut. Layanannya: sebuah fitur pembagian teks sebanyak 140 huruf. Situs itu bernama Twitter.

Dengan 500 juta orang pengguna di seluruh dunia, Twitter adalah jejaring sosial yang besar. Indonesia merajai jumlah ini di Asia. Di Twitter, sistem komunikasi dibikin terbuka; siapa saja bisa baca, dan jika kau suka, kau boleh tekan follow untuk akun pengguna.

Berbeda dengan Facebook, Twitter menekankan keringkasan, membatasi pengguna untuk tidak menulis lebih dari karakter yang ditentukan. Juga tidak ada sesuatu macam chatting. Tak ada komentar-komentaran.

Dan itulah yang membuat Twitter menyenangkan.

Aku menggabungi Twitter pada 2009. Sementara di Facebook aku sedikit lebay, di Twitter aku serius, mempertemani hanya akun-akun penting, macam wartawan, blogger dan media. Sama sekali tak ada alay. Aku tak mau menodai Twitterku dengan pesan seperti galau atau kamseupay.

Kekuatan Twitter adalah pada kederasan informasinya. Ketika berita bom sedang ditulis media, Twitter mengabarkannya terlebih dahulu. Saat MUI menfatwakan Lady Gaga, Twitter menjadi pihak pertama yang mengecamnya.

Twitter membunuh orang juga, meski begitu. Kau ingat bagaimana Jacky Chan mati oleh Twitter? Atau ingat-ingatlah juga bagaimana Oprah Winfrey diberitakan meninggal dan menjadi trending topic. Dengan kemudahan penyebaran kabar, Twitter merupakan sumber yang kurang terpercaya, dan itu kelemahannya.

Maka untuk saat ini, selamat ulang tahun keenam untukmu, Twitter.

0 Response to "Selamat ulang tahun keenam, Twitter"

Posting Komentar

wdcfawqafwef