Bagaimana cara kembali ke tampilan Blogger lama?

trik dan cara kembali ke tampilan dasbor Blogspot Blogger lamaGoogle Blogger, atau yang biasa kausebut Blogspot, mengubah tampilan dasbornya sejak awal April. Seluruh pengguna berpindah ke tampilan baru ini secara wajib, dan Blogger sengaja membuatnya otomatis, memaksa dasbor lamamu berganti ke desain yang baru dengan nuansa merah dan putih.

Di browser desktop macam Firefox, dasbor baru ini tersaji lebih ringkas dan bersih. Tapi di peramban ponsel seperti Opera Mini, ia morat-marit dan akan memperingatimu dengan pesan yang kira-kira berbunyi:
Browser Anda tidak lagi didukung oleh Blogger. Beberapa bagian Blogger tidak akan berfungsi dan Anda mungkin mengalami masalah. Jika Anda mengalami masalah, coba Google Chrome.
Peringatan ini melukai hati pengguna, termasuk juga aku. Apa yang aku ramalkan sebelumnya -- yakni Blogger lebih ramah pada perangkat ponsel -- ternyata salah. Meskipun tujuan utama Blogger dalam mempermudah dan memperingkas itu tercapai, tapi keringkasan dan kemudahan itu berlaku hanya bagi browser tertentu, bukan bagi Opera Mini, peramban yang  digunakan paling banyak oleh rakyat Indonesia.

Coba ingat-ingat WordPress. Halaman dasbornya ramah kepada browser apapun. Tanpa kita singgung soal keunggulan Javascript dan Edit HTML, Blogger tertinggal jauh dari WordPress, mesin blog bikinan Matt Mullenweg, dalam hal navigasi dan tampilan kendali.

Jhony Ahmad, teman blogger dari Lamongan, mengeluhkan tampilan baru itu. Ia tanya bagaimana caranya kembali ke dasbor lama, ke halaman biru tua yang ia suka. Aku memberinya solusi yang agak njlimet: membuka Blogspot lewat alamat lama, dengan mengganti karakter URL blogger.g menjadi post-create.g.
Misalkan alamat dari halaman Entri barumu adalah:
www.blogger.com/blogger.g?blogID=1634573076549855349#editor
Kau cukup mengubahnya menjadi:
www.blogger.com/post-create.g?blogID=1634573076549855349
Tapi sebenarnya ada solusi yang lebih mudah. Kau tinggal menekan "Old Blogger interface," atau "Tampilan Blogger lama."


Pilihan itu bisa kautemui dengan mengeklik ikon Settings di sudut kanan atas.
Selamat, Blogger lamamu telah kembali.

2 Responses to "Bagaimana cara kembali ke tampilan Blogger lama?"

  1. *Ongkang - ongkang tanpa masalah, pakai wordpress soalnya :D *

    BalasHapus
  2. Saya coba ga bisa, untuk melalui cara kedua ga ada menunya.

    BalasHapus

wdcfawqafwef