Gmail bertanya siapa nama istriku

tes pertanyaan oleh Gmail dan FacebookSebagai penyiasat internet, aku mengubah-ubah pengaturan GPRS di ponsel Nokia N70ku. Aku mengganti APN, angka Proxy, dan angka portku; aku melakukan penyiasatan Opera Mini, dengan menyelipkan front query dan proxy server, dan dengan mengubah-ubah antara HTTP dan Host.

Apa aku terdengar membingungkan? Begitulah. Ya, aku menyiasati internetku. Kini, untuk browsing dan download setiap hari, tidak pernah aku mengeluarkan sepeserpun uang.

Tapi dengan pengganti-gantian proxy yang kulakukan, rupanya aku mengalami akibat buruk. Biasanya ini disebabkan oleh Facebook -- aku dideteksi sebagai pengguna dari wilayah Eropa, kadang Afrika atau Amerika.

BACA JUGA: Twitter gunjing dengan video Koboy Palmerah

Facebook, jejaring sosial milik Mark Zuckerberg itu, sinting kadang-kadang. Karena pendeteksian lokasi yang salah tadi, aku dikira hacker yang berusaha meretas akun Facebookku sendiri, dan aku harus melewati  tes pemastian, biasanya berupa tebak-tebakan foto.

Kadang tes ini gagal. Dan aku sebal sekali dengan itu.

Namun tak ada yang lebih menyebalkan ketimbang ditanyai "Siapa nama istrimu?" sementara kau belum punya pacar bahkan.

Itu terjadi di Gmail. Setelah Facebook menerapkan kecurigaannya terhadap pengakses yang berlokasi beda, kini Gmail, layanan email milik Google, ikut-ikutan cara ini. Aku kesal ketika tiba-tiba aku gagal masuk ke inbox emailku sendiri, sedangkan nama email maupun password kuketik dengan benar.

Pesan yang muncul, setelah kutekan tombol login, seperti ini kira-kira: "Maaf sepertinya akun Anda sedang berusaha dibajak oleh orang lain. Untuk memastikan bahwa ini benar-benar Anda, silakan jawab pertanyaan berikut. 'Siapa nama istri Anda?'"

Aku coba berbagai nama, mulai Icha hingga Angelina Jolie, mulai Kartiyem hingga Rokimah. Dan yang paling edan, sempat aku mengisi nama Arul Chandrana.

Gmail mengatakan semua jawabanku salah.

Hampir putus asa, kutulis nama teman kuliahku empat tahun lalu, Khoirun Nisa, dan aku berhasil masuk.
Tes seperti ini, meski demi tujuan keamanan, menjengkelkan. Apakah kau mengalami hal yang sama? Dan apakah kau setuju bahwa untuk tingkatkan keamanan, layanan situs di internet perlu menerapkan sistem semacam ini?

1 Response to "Gmail bertanya siapa nama istriku"

wdcfawqafwef