Jauhkan dirimu dari blog sampah

situs atau blog sampahAku muak dengan blog sampah yang kujumpai di internet--hampir setiap hari. Dan kebanyakan mereka berasal dari Indonesia.

Apa yang kumaksud dengan blog sampah adalah seperti ini: Engkau mengetik kata di Google, berharap menemukan sesuatu. Lalu setelah pencarian tampil, kau menekan hasil halaman yang menurutmu sreg, dan tiba-tiba kau kesal karena halaman yang kaubuka berisi link-link tidak penting. Ia dijejali kata kunci kosong.

Blog semacam ini dimutakhirkan setiap hari oleh robot, bukan manusia. Pemiliknya memakai software, plugin dan semacamnya untuk menjalankan siasat tersebut.

Secara otomatis situs seperti ini mengekstrak apa saja, mulai dari mesin pencari, situs-situs terkenal, sampai blog-blog yang dianggap menarik. Ia memposting sendiri setiap hari sekalipun pemiliknya tidur. Dan sekilas, di Google, selalu ia tampil wajar, dengan judul yang memikat. Seolah-olah ia memiliki apapun yang kaucari. Setelah kaubuka halamannya, kau tidak temukan apa-apa.

Orang menyebutnya automated content websites, atau secara harfiah: situs berkonten otomatis. Dalam bahasa Indonesia, aku memilih menamainya blog/situs sampah.

Jumlah blog seperti itu banyak di Indonesia. Aku menulis daftar URL blog dan situs sampah itu di Facebook beberapa bulan lalu. Sebagian teman Facebookku, dan mungkin termasuk kau yang membaca artikel ini, setuju bahwa halaman seperti itu tidak menyumbang apapun bagi kenyamanan berinternet.

Jangan sekali-sekali coba situs sampah


Aku punya enam alasan kenapa situs seperti itu harus kaujauhi. Dan juga aku menyarankan: Jangan sekalipun kau berpikir untuk membuatnya.

1. Ketidakunikan konten

Blog yang baik memiliki konten unik, isi yang tidak kembar dengan yang lain. Memang boleh kau menulis posting dalam topik yang sama dengan orang lain, tapi kalimatmu, gaya tuturmu, harus berbeda. Atau kau akan dituduh menjiplak. Di samping itu, dengan posting yang unik, kau membangun ciri khas. Setiap blogger dan penulis membutuhkan itu.

Blog sampah tidak demikian. Di blog atau situs sampah, semua isinya curian.

2. Konten tak berguna

Seperti sebutan yang kujuluki, blog sampah memuat sesuatu yang tak berguna. Ia sampah.

Untuk mengukur apakah blog bermanfaat atau tidak, kau bisa lihat seberapa informatif ia menyajikan konten, seberapa menarik ia menghibur, dan seberapa banyak ia memenuhi kebutuhan pembaca.

Blog-blog sampah tidak memberimu apa-apa kecuali kekesalan.

3. Kepercayaan

Begitu orang tahu bahwa blogmu sampah, mereka akan mengingat URLmu dan berhenti membukanya apalagi membacanya. Mereka tidak mempercayai blogmu. Dan lebih dari itu, blogmu adalah sumber kejengkelan bagi mereka.

4. Tamparan Google

Google membenci spam. Dan seringkali blog sampah dianggap oleh Google sebagai spam. Blog tersebut tidak menyajikan mutu dan mengandung banyak duplicate content. Secara ilmu google-google-an atau SEO, duplicate content adalah konten yang kembar, yang bisa kaujumpai di situs atau blog lain. Dan dengan demikian blogmu bercitra buruk secara google-google-an dan akan merosot peringkatnya.

5. Pembredelan blog

Ini yang paling bahaya. Jika sewaktu-waktu ada blogger yang menghubungi penyedia hostingmu dan memberitahu bahwa isi blognya telah kaucuri, blogmu bisa dimatikan dan akunmu dibredel oleh penyedia hosting. Aku  mengalami pembredelan pada 2010 -- tapi bukan karena blogku sampah. Dan percayalah, pembredelan memerlukan beberapa menit saja, tanpa pemberitahuan.

6. Kesuksesan sementara

Mungkin kaudengar cerita tentang blogger sampah yang menghasilkan banyak uang dari blognya. Dalam sebulan mereka mendapat ratusan dolar dari iklan macam Adsense atau dari bisnis lainnya. Tapi ketahuilah, kawan, itu hanya sementara. Usia blog begituan sangat singkat. Sebelum mereka memperoleh lebih banyak uang, blog mereka akan dibredel.

Blogging adalah urusan yang sama hakikatnya dengan menulis. Pada dua perkara ini, keaslian dinilai. Karena itu kau tidak bisa mengambil jalan singkat seenaknya. Sesuatu yang baik selalu memerlukan proses panjang.

Secara pribadi aku menyukai blog yang diisi asli oleh pemiliknya meskipun mutu tulisannya membuat perutmu mulas. Sebab kita perlu menghargai jerih lelah dia dalam menulis.

Jadi apa kau pernah tersasar pada -- atau tertarik dengan -- blog sampah?
Pengopian beberapa kalimat atau seluruh alinea dari artikel ini diperbolehkan selama kausebutkan sumber davologi.blogspot.com dan kaupasang link yang mengarah ke halaman ini.

33 Responses to "Jauhkan dirimu dari blog sampah"

  1. berkunjung mas :)

    saya ngeblog krn seneng nulis
    walau pun tulisannya gak jelas :P

    BalasHapus
  2. Andai saja ada tempat buat mengadukan hal seperti ini ke google, pasti akan lebih sedikit orang yang bermain kototr seperti ini ya bro :)

    BalasHapus
  3. Aku juga sering keki pd blog2 sampah begitu, Mas. Berharap mencari informasi, eh tak tahunya cuma berisi kata kunci yg aku mau, stelahnya link2 tak jelas..

    BalasHapus
  4. Bener tuh bro, blog kaya gitu emang blog sampah. Dan ane juga sebel kalo lagi search sesuatu tapi malah masuk blog kaya gitu ;>

    BalasHapus
  5. aku juga banyak nemu blog gtuan

    BalasHapus
  6. betul banget sob.. Mending posting sendiri dari pada harus copas walaupun kata-kata ane acak-acakan..

    BalasHapus
  7. Artikel yg sangat menbantu master, kususnya bagi saya pribadi yg baru kemaren knal dumay, salam sukses aja master

    BalasHapus
  8. Artikel yang sangat bermanfaat sobat.terima kasih atas pencerahan nya. Salam Bloggers

    BalasHapus
  9. Setuju. Sering banget nemu blog sampah kayak gitu di google. Bikin kesel, dan pengen laporin ke google, tapi jumlah blog sampah banyak banget, jadi capek kalo mesti laporin satu2.
    Salam kenal. dr MWB jg :)

    BalasHapus
  10. setuju boz...

    mskpun ane baru belajar bikin blog,, tp ane yakin ane pazti bisa..

    smangat..!!!

    BalasHapus
  11. bener banget um, sering saya menemukannya ditulisannya ads semua. Kenapa gugel tidak menganggap spam ya

    BalasHapus
  12. artikelnya pedas bgt master, tp bgs juga tuh...

    BalasHapus
  13. blog sampah bisa di "MUSNAHKAN" gak yah ????

    BalasHapus
  14. saat awal2 kenal blog or surfing. Selalu saya terlempar ke blog sampah. Namun berdasarkan pengalaman tsb kini saya dapat meminimalisir bahkan nyaris tidak pernah lagi tertipu untuk mengklik blog2 sampah.

    BalasHapus
  15. sebagai pengguna internet, saya kira semua orang dibikin jengkel jika nemu blog sampah, udh capek nyari di google, nemunya sampah...siapa yg kagak jengkel..

    BalasHapus
  16. jujur aja,untuk blog yg memang saya tujukan untuk mencari uang saya melakukan itu,tapi itupun hanya untuk kontent bule,blog indo saya insyaallah menulis dari hati.

    BalasHapus
  17. Betul, blog sampah kudunya malu karena menjadi sampah google, asal jiplak sana sini, bisa-bisa ada tuntutan hukum. Dan sudah terbukti sudah penghapusan blog.

    BalasHapus
  18. Kepada sahabatku DAVOLOGI yang terhormat. Walaupun postingan sahabatku sudah lama' tetapi saya berminat banget ingin mengupdate lagi di blog aku. Jika di ijinkan akan aku kopas semua postingan ini. Sekiranya sumber pasti akan selalu akau cantumkan.

    Salam Sehat dan Sukses untuk semua artikelnya di hari ini dan nanti(Patih Bathik Madrim)

    BalasHapus
  19. Iya... Aku juga Pernah..

    Lagi nyari.. yang keluar blog itu terus...

    BalasHapus
  20. ya gan.. saya juga pernah mengalamniya. buang2 waktu dan kuota internet saja itu

    BalasHapus
  21. Berdoa saja gan.. agar hal2 semacam itu bisa hilang

    BalasHapus
  22. Jarang mampir di blog Mas David, ternyata ramai bamget, sesuatu deh ;-)

    Saya newbie dan selalu newbie, tetapi saya jadi ikutan malu karena blogger Indonesia terkenal tak beretika.
    Hmmm....
    -_-

    BalasHapus
  23. Apalagi duplicate Content musuh dari HummingBird

    BalasHapus
  24. Semoga tulisan saya tidak nyampah...

    BalasHapus
  25. seandainya google lebih keras lagi dalam menangani hal ini.

    semakin hari semakin banyak blog sampah yang saya temui, karena banyaknya artikel copas yang berasal dari sumber sampah itu sendiri hahaha...



    ayoolah jangan malu maluin indonesia unruk jadi seorang blogger sampah,,,

    BalasHapus
  26. setuju harusnya pihak blog diperketat lagi filterisasi search enginenya... kadang malah muatan yg ga begitu penting ada dihalaman utama...
    oiya izin share ya...
    Tempat berkumpulnya penggila BOLA
    Game Memacu Adrenalin

    BalasHapus
  27. "Zapplerepair pengerjaan di tempat. Zapplerepair memberikan jasa service onsite home servis pengerjaan di tempat khusus untuk kota Jakarta, Bandung dan Surabaya dengan menaikan level servis ditambah free konsultasi untuk solusi di bidang data security, Networking dan performa yang cocok untuk kebutuhan anda dan sengat terjangkau di kantong" anda (http://onsite.znotebookrepair.com)
    “Zapplerepair Apple dan Smarphone specialist
    telp: 087788855868
    website: http://indonesia.zapplerepair.com/

    BalasHapus

wdcfawqafwef