Pesawat mini ini akan hack seluruh akunmu

Mulai sekarang sering-seringlah menengok ke atas saat berinternet dengan Wi-Fi. Sebuah pesawat mini diciptakan untuk melakukan hack pada ponsel pintar seperti Android dan iPhone lewat Wi-Fi palsu yang terhubung otomatis ke ponselmu. Pesawat ini, seperti aku kutip dari CNNMoney, diuji coba di langit London dan akan diperkenalkan di konfernsi Black Hat Asia di Singapura minggu depan.

Daftar Isi

  1. Bagaimana pesawat hacker ini bekerja?
  2. Mengenali siapa dirimu
  3. Kendala Snoopy dan solusinya
  4. Pesawat tak dikenal

Pesawat mini ini menggunakan teknologi yang disebut Snoopy dan menjelajah Wi-Fi siapa saja yang sedang aktif. Pada fitur  Wi-Fi smartphone, ketika perangkat hendak terhubung ke internet, ia mencari jaringan secara otomatis. Jika terdapat HSDPA atau jarigan 3G, ia akan memilihnya, dan jika tersedia jaringan Wi-Fi yang tersimpan sebelumnya di perangkatmu, ia akan memilih jaringan tersebut secara otomatis.

Pesawat hacker diterbangkan di London, Inggris. Gambar oleh BBC

Bagaimana pesawat hacker ini bekerja?

“Ponselmu menyebutkan setiap nama jaringan yang pernah terhubung ke perangkatmu,” kata Glenn Wilkinson, peneliti keamanan Sensepost. “Perangkatmu seolah berkata, ‘Quick Chicken, apa kau online?...Wi-Fi Gratis Monas, apa kau online?’”

Dan saat itulah Snoopy beraksi.  Begitu kau terhubung dengan Wi-Fi yang disediakan Snoopy, ia akan mengakses semua yang kaubuka: situs-situs yang kaukunjungi, data lokasi, username dan bahkan password.

Mengenali siapa dirimu

Pesawat mata-mata mengetahui seketika siapa dirimu dari nama Wi-Fi langganan yang tersimpan di Android atau iPhonemu. “Aku melihat seseorang terhubung ke Wi-Fi  Bank X,” kata Wilkinson. “Dari situ aku tahu ia orang bank.”

Pemilik ponsel yang terserang Snoopy bisa kecurian akun Amazon, PayPal dan Yahoo dengan begitu mudah, tanpa merasa akun tersebut pernah diakses.

Wilkinson, yang mengembangkan teknologi ini bersama Daniel Cuthbert di Laboratorium Penelitian Sensepost, mengatakan bahwa ia hacker aliran putih, peretas yang tidak berlaku jahat.  Tujuan dari percobaan ini guna meningkatkan kesadaran masyarakat akan betapa rentannya perangkat pintar mereka.

Kendala Snoopy dan solusinya

Namun melakukan hacking dengan pesawat mini ini bukan hal mudah. Dia terbang dan selalu bergerak, dan semua pejalan kaki tahu keberadaannya, jadi agak susah bila ia ingin membuntuti seseorang untuk mencuri, misalkan saja, akun Facebooknya.

Meski terdengar menakutkan dan dianggap berbahaya, pesawat hacker ini berguna untuk kepentingan umum, misalnya saat terjadi demo atau kerusuhan dan polisi ingin mengindentifikasi siapa saja yang terlibat dalam kerusuhan itu.

Dan selalu ada trik untuk menghindari hacking macam ini. Cukup dengan mematikan Wi-Fi ponselmu, kau aman dari mata-mata si Snoopy.

Pesawat tak dikenal

Pesawat udara yang tidak berpilot disebut drone. Drone, menurut definisi Wikipedia, adalah pesawat udara yang tak berawak dan dikendalikan dengan remot atau oleh komputer atau oleh kendaraan lain. Biasanya, drone dimanfaatkan untuk keperluan militer, pemadaman api, dan mata-mata. Konsep drone, atau pesawat tak berawak ini, sudah ada lama, tercatat sejak pertengahan 1800an saat orang Austria mengirim bom lewat balon udara ke Venice. Pesawat tak berawak yang kita lihat saat ini bermula pada awal 90-an.

Lebih hati-hatilah sekarang dan bijaklah dalam menggunakan perangkat canggih. Semakin canggih teknologi dan semakin nyaman hidupmu, semakin besar resiko yang kautanggung, termasuk yang sedang kaulakukan sekarang. Ya, sekarang, saat engkau membaca ini, sistem blogku mencuri diam-diam data di komputer atau hape yang sedang kaupakai—aku bercanda. [Davologi]

Mengutip artikel ini diperbolehkan asalkan menyebut davologi.blogspot.com
Ikuti Davologi di Facebook

2 Responses to "Pesawat mini ini akan hack seluruh akunmu"

  1. Kendala lain pastinya daya dari pesawat itu sendiri, karena kecil pastinya tidak bisa berhari - hari terbang, hehe...

    BalasHapus
  2. haha. iya juga ya. tapi pesawat ini bisa jadi cara ampuh ngehack akun.

    BalasHapus

wdcfawqafwef