Aplikasi menulis panjang di Android untuk blog

Adakalanya kau menjalani kesibukan di luar rumah dan tidak bisa duduk di meja komputer untuk menulis. Bagaimana situasi ini memungkinkanmu mengisi blog? Solusinya: ponselmu. Ubah ponsel Androidmu menjadi mesin pengolah kata canggih. Ketik tulisan blog sepanjang apapun yang kau mau dengan modal jempol dan telpon genggam.

Gunakan Jota Text Editor, aplikasi Android yang berkesanggupan melaksanakan tugas besar tulis-menulis--bahkan seandainya kau mengeksploitasinya untuk menggarap novel sekalipun.

Daftar isi (klik untuk loncat)
  1. Draf
  2. Ukuran font
  3. Undo/redo
  4. Penghitung kata
  5. Ubah background

Draf

Seperti yang sering aku katakan, aku membuat draf sangat cepat karena sebelum ritual mengetik berlangsung, aku mencatat di kepala terlebih dahulu tentang apa yang bakal aku tumpahkan di keyboard. Biasanya otakku tidak berpikir banyak selama pengerjaan draf dan baru menekan kepala sekeras mungkin, seteliti mungkin, dalam proses editing.

Dan aku membuat draf di mana saja, termasuk di ponsel Androidku sambil ngopi bersama kawan. Cepat. Aku ketik sekeluarnya pikiran.

Jota Text Editor mengurus pekerjaan drafting, baik panjang maupun pendek. Dia bertindak sebagai laptop minimu dan Microsoft Word cangkingmu.

Aku tahu, beberapa aplikasi olah kata seperti Kingsoft Office melakukan hal serupa, tapi percayalah, kerjamu akan lambat sekali jika kaupakai software berat macam itu. Jota berukuran hanya 788 KB dan ia menangani berkas berkapasitas hingga ribuan KB. Draf yang kautulis di Jota bisa diedit di laptopmu sebagai file TXT dan diterbitkan sebagai posting blog saat kau pulang.

Ukuran font

Aku mencobai bermacam-macam aplikasi pengolah kata di Android, mulai Notepad, Evernote, hingga Kingsoft Office, dan tidak aku temukan satupun yang memberi fitur pengubah ukuran huruf sekaligus ruang bidang yang lebar. Kingsoft office mampu mengecilkan font,t tapi layar ponselmu, tempat di mana kau mengetik, menjadi sangat sempit karena toolbarnya menghuni seperempat layar.

Jota tak punya masalah itu; kau bisa sembunyikan tool bar sekaligus mengecilkan tulisan sehingga matamu nyaman saat memindai draf—berguna sekali dalam editing tulisan panjang.

Undo/redo

Ini favoritku. Fitur undo dan redo membatalkan kesalahan dalam hidup, mengulang ketikanmu sebelumnya, sehingga kau terbebas dari kekeliruan yang tak diinginkan, sama persis dengan fitur undo dan redo di Microsoft Word.

Selain itu, Jota memudahkanmu dalam menyeleksi teks, menggulung, menyalin atau memotong.

Penghitung kata

Jika kau ingin memasang target kata untuk tulisanmu, misalnya agar tahu seberapa jauh perkembangan yang kaulakukan, maka Jota adalah aplikasi yang tepat. Ia menghitung seberapa banyak kata yang kautulis di sepanjang halaman. Saat membuat posting blog, target kataku biasanya di atas 200. Nah dengan Jota, aku mengetahui jumlah kata yang sudah aku tebar di layar. Tak perlu menunggu Microsoft Word melakukannya.

Ubah background

Bosan dengan background putih yang menyebabkan matamu sakit? Ubah tampilan ke latar gelap. Jota melakukannya secara cerdas dengan mengubah fontmu ke warna yang lebih cerah, dan boleh kauganti background bukan saja dengan warna, tapi juga dengan gambar. Menulis dengan memandangi latar belakang biru, tentu saja, membuat moodmu segar.

Aplikasi Jota Text Editor dikembangkan oleh Aquamarine Networks Tool dan tersedia dalam banyak versi. Versi pro dari Jota+ memintamu membayar Rp60 ribu, pastinya dengan fitur tambahan. Jota mendukung hampir semua sistem Android, dari Gingerbread hingga Kit Kat.

Kunjungi halaman Jota di Play Store untuk mengunduh aplikasi.

Mengutip tulisan ini diperbolehkan hanya jika menyebut sumber davologi.blogspot.com

0 Response to "Aplikasi menulis panjang di Android untuk blog"

Posting Komentar

wdcfawqafwef