Manfaat buah sirsak bagi kebugaran tubuh

Aku tak pernah tahu manfaat buah sirsak sampai aku menyaksikan ibu mengumpulkan daunnya belakangan ini dan memasaknya tiap sore. Ia memetik dari sirsak tetangga, pohon yang dibebaskan pemiliknya untuk diambil oleh siapa pun yang memerlukan. Dan memang, banyak orang mengais daun dari pohon itu. Warga di kampung kami heboh betul dengan buah yang mirip monster Kamen Rider ini.

Daftar isi:
  1. Nutrisi buah sirsak
  2. Riset tengtang sirsak
  3. Manfaat bagi kesehatan
  4. Daun buah sirsak
  5. Manfaat daun sirsak

Meski rasanya pahit, daun sirsak terkenal di banyak tempat sebagai daun ajaib. Jika kau menanam satu pohon di depan rumahmu, bisa kujamin dalam seminggu ia menyisakan hanya batang dan ranting. Begitu banyak orang memburunya. Temanku Bio Ahmed mengonsumsi daun buah ini dalam bentuk kapsul dan aku mencobanya sekali di rumahnya, sambil memendam keingintahanku pada buah fenomenal tersebut.

Keingintahuan itu mengusik pikiranku sampai rumah dan membawa ke sebuah riset kecil-kecilan di Google.  Adapun yang aku temukan, mula-mula, adalah kandungan gizinya.

Nutrisi buah sirsak

Manfaat buah sirsak dan daunnya bagi kesehatan badan
gambar oleh PDC Health
Buah sirsak mengandung vitamin C dan serat yang tinggi. Menurut situs Lets Go Healthy, kandungan serat dalam sirsak mencapai 3,3 g untuk tiap 100 gram kulitnyanya dan vitamin C hingga 20 mg.  Selain itu, ia menyimpan nutrisi penting lainnya seperti karbohidrat, kalium, fosfor, kalsium dan lemak.

Situs Healthy Eating menulis bahwa komponen dalam sirsak yang bernama acetogenins menghambat pertumbuhan kanker. Pusat Kanker dunia menyebutkan buah ini bertindak sebagai anti parasit alami sekaligus antiviral bagi tubuh.

Riset tentang sirsak

Sejumlah laboratorium menyepakati bahwa konsumsi sirsak membantu menyembuhkan berbagai penyakit. Dalam sebuah penelitian yang terbit di Journal of Ethnopharmacology, sirsak disebut sanggup mematikan pertumbuhan virus Herpes dan mengganti obat anti kanker. Journal of Medicinal Chemistry, seperti aku kutip dari Healthy Eating, menguji coba efek sirsak terhadap kanker payudara pada 1997 dan dari temuan itu mereka mengklaim bahwa buah ini membunuh sel kanker 250 kali lebih efektif daripada kemoterapi.

Manfaat bagi kesehatan

Sekalipun memiliki duri, sirsak bukan buah yang jahat. Beberapa manfaat berikut akan mencengangkanmu. Dan wajar beberapa produsen mengekstraksinya sebagai kapsul kesehatan alami.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Kandungan dalam sirsak meliputi acetogenins, annocatacin, annocatalin, annohexocin, annonacin, annomuricin, anomurine, anonol, caclourine, gentisic acid, gigantetronin, linoleic acid, dan muricapentocin. Ia adalah senyawa yang membantu menjaga badan kita untuk tetap fit guna memerangi penyakit.

Mencegah osteoporosis

Khawatir tulangmu keropos seiring usiamu bertambah? Konsumi sirsak. Kalsiumnya memberi cukup asupan bagi kesehatan tulangmu agar kau terhindar dari osteoporosis.

Menambah energi

Seperti halnya buah lain, sirsak mengandung gula (monosaccharide)  yang berguna menggantikan karbohidrat bagi tubuh, penting sekali agar kau bugar sepanjang hari dan tidak gampang lemas.

Menghindari infeksi bakteri

Bagian kulit sirsak, jika dioleskan pada luka, akan mempercepat proses penyembuhan dan menghindarkan luka tersebut dari infeksi bakteri atau pembengkakan yang tidak diinginkan.

Menangani ambeien

Jika kau mengeluarkan darah saat buang air besar di toilet, mungkin itu ambeien. Gunakan buah sirsak untuk mengatasinya. Peras sirsak yang matang dan minum dua kali sehari, pada pagi dan sore hari.

Daun buah sirsak

Tak hanya buahnya, daun sirsak berguna lebih banyak lagi bagi pelbagai masalah kesehatan. Daun sirsak, seperti ditulis Style Craze, mengandung protein, kalsium, fruktosa, lemak, vitamin A dan B dan sejenisnya.

Manfaat daun sirsak

Apa saja manfaat daunnya? Di bawah ini adalah beberapa dari banyak khasiatnya, mulai yang hijau hingga yang tua, mulai direbus hingga dioleskan:

Mengobati bisul

Bisul di sini termasuk jerawat juga. Kalau kau menderita penyakit ini permanen atau tubuhmu rentan terhadap segala bentuk bisul, ambillah 10 lembar daun sirsak muda dan letakkan di bisul atau jerawatmu sampai kering.

Membasmi kutu

Dengan memanfaatkan daun sirsak, kutu di rambut atau di tempat tidur bisa dimusnahkan. Cocok untukmu yang menggaruk kepala tiap hari karena serangga kecil tersebut.

Membunuh sel kanker

Daun sirsak membunuh sel jahat dalam 12 jenis kanker, termasuk kanker prostat, payudara dan paru-paru. Tenaga sirsak bekerja 10.000 lebih kuat untuk menghambat pertumbuha sel-sel tersebut ketimbang apa yang dilakukan oleh adrymycin dan kemoterapi.

Menyembuhkan sakit pinggang

Minum tiga per empat gelas rebusan daun sirsak sekali sehari dan sakit pinggangmu sembuh berangsur-angsur.

Mengobati asam urat

Untuk menyembuhkan asam urat, ambil daun sirsak yang cukup tua namun masih hijau—sekitar enam hingga 10 lembar—dan potong-potong agar sari daun keluar. Rebus dalam dua gelas air. Minum pada pagi dan malam.

Bertahun-tahun aku mengabaikan buah berduri ini dan baru belakangan mengetahui faedahnya yang demikian besar. Di kampungku, sebelum heboh seperti sekarang, sirsak dipakai hanya untuk wedang suhuhan saat tamu bertandang ke rumah. Kami menyebut buah ini muris. Di Sunda ia disebut Nangka Walanda. Dan orang Minang menamainya Duriana Betawi.

Apa sebutan buah sirsak di tempatmu?

Boleh mengopi artikel ini selama menyebutkan sumber davologi.blogspot.com

0 Response to "Manfaat buah sirsak bagi kebugaran tubuh"

Posting Komentar

wdcfawqafwef