Menghilangkan halo di Photoshop: Tutorial mudah

Sebenarnya, untuk menghilangkan halo di Photoshop, kita butuh dua tiga langkah saja. Simpel. Tapi rupanya langkah mudah itu dibingungkan oleh banyak orang, terutama oleh mereka yang berusaha membuat depth of field ala kamera SLR. Aku menulis posting ini untuk mengatasi persoalan halo tersebut, yang sering ditanyakan di komentar dan inbox oleh teman-teman Facebook.

Daftar isi:
  1. Apa itu halo
  2. Photoshop untuk melebar dan menyempit
  3. Menghilangkan halo
  4. Hasil akhir

Apa itu halo

Halo adalah cahaya yang mengitari objek. Ia mengganggu sekali bagi kenyamanan mata secara umum, namun terkadang ia mempercantik juga dalam beberapa gambar yang sengaja kita inginkan menjadi demikian. Pada foto yang kita edit depth of field, halo tidak diperlukan, dan karenanya ia hanya akan memperburuk. Halo timbul saat kita memisahkan objek utama dan memburamkan latar. Berikut foto yang aku edit menjadi depth of field dan meninggalkan halo di sekelilingnya:

Menghapus efek halo di Photoshop
Contoh gambar halo

Kita tidak menginginkan pria tua ini menjadi malaikat bercahaya, jadi hendaknya kita membuang sinar yang mengitarinya.

Photoshop untuk melebar dan menyempit

Halo terjadi karena saat kita memburamkan gambar, semua piksel melebar dan berceceran, termasuk piksel dalam objek utama kita, pak tua. Mengatasi pelebaran itu gampang sekali—sama dengan prinsip penanggulangan segala hal. Hampir semua perkara di dunia bisa ditanggulangi dengan lawannya: Api padam dengan air, gelap kalah dengan terang, sedih luntur dengan gembira. Dan halo? Karena halo muncul akibat gambar yang melebar, maka solusinya: Kita sempitkan. Selesai.

Menghilangkan halo

Bagaimana menyempitkannya? Ada banyak cara. Satu yang sering aku pakai adalah menggunakan Liquify Tool. Sebelum memburamkan background, tekan menu Filter >> Liquify dan sebuah jendela tampil di layar. Kuruskan pak tua ini dengan menggeser kuas ke dalam. Kuruskan semua mulai kepala, tangan, dan badan supaya saat gambar melebar oleh Lens Blur, piksel pak tua tidak berserakan terlalu jauh.

Membuang halo pada foto di Photoshop
Liquify Tool untuk menyempitkan bidang

Hasil akhir

Setelah kita antisipasi pelebaran piksel pak tua dengan menyempitkan tubuhnya, kita siap untuk memburamkan gambar tersebut. Pergi ke Filter >> Blur >> Lens Blur dan atur radius sesuai seleramu. Tekan Ok jika selesai. Sekarang kita menghasilkan gambar pak tua yang lebih rapi, tanpa dikelilingi cahaya kematian lagi.
Trik edit halo di Photoshop
Hasil akhir tanpa halo


Salam Photoshop!

Ikuti halaman Davologi atau pertemani aku di Facebook.

2 Responses to "Menghilangkan halo di Photoshop: Tutorial mudah"

  1. I often have those halo in my photo. This trick helps me get rid of the annoying halo in my picture. Great.

    BalasHapus

wdcfawqafwef