Tiru blur kamera DSLR dengan Google Camera di Android

Menciptakan foto ala DSLR lebih gampang sekarang. Pasang di hapemu Google Camera, aplikasi yang mengandalkan fitur lens blur untuk memburamkan latar dan menjaga objek tajam. Aplikasi tersebut diterbitkan oleh Google secara resmi awal bulan ini dan menggantikan kamera bawaan Androidmu, serta akan berguna bagi siapapun yang menggemari fotografi tapi tidak punya kamera SLR.

Selain bagi mereka yang tak memiliki Canon atau Nikon, Google Camera cocok bagi kau yang awam menggunakan Photoshop untuk menciptakan depth of field palsu. Aku memprediksi bahwa teknologi kamera berkembang terus dan akan semakin canggih di masa depan.

Daftar isi:

  1. Dukungan ponsel
  2. Lens blur
  3. Fitur Google Camera
  4. Aplikasi pengolah lain


Dukungan ponsel

Sayangnya, Google Camera klop hanya dengan Android terbaru 4.4 (KitKat). Aku menelusuri halaman Play Store aplikasi ini di ponsel Cross A7#ku, yang versi Ice Cream Sandwich, namun tidak aku temukan hasil. Untuk menilik apakah ponselmu mendukung atau tidak, silakan periksa halaman aplikasinya di sini. Atau jika kau bersedia memutakhirkan perangkat, cobalah upgrade Androidmu yang lawas ke versi terbaru untuk menjajal si kamera buram.

Lens blur

Lens blur, atau buram lensa, adalah efek pudar yang dihasilkan kamera pada area luar fokus. Gambar seperti ini terdapat hanya pada kamera mahal. "Memperoleh efek optik memerlukan lensa dan bukaan yang besar, dan karenanya hal itu mustahil dilakukan oleh ponsel atau tablet," kata engineer perangkat lunak Google Carlos Hernandez di sebuah posting blog. Lebih lanjut, baca apa itu depth of field. 

Gambar oleh Mashable


Fitur Google Camera

Selain fitur utama Lens Blur, aplikasi ini, seperti ditulis Gizmeon, menawarkan beberapa fitur lain di antaranya:

Photo Sphere and Panorama

Fitur ini mewujudkan foto dalam bidang pandang 360ยบ dengan cara menempel satu jepretan ke jepretan berikutnya. Dengan mengambil gambar melalui fitur ini, hasil fotomu mencapai resolusi yang besar: 50 megapiksel.

Lens Blur

Kameramu memburamkan semuanya kecuali objek utama, menjadikan hasil fotomu lebih profesional, seolah-olah diambil oleh kamera mahal dengan tingkat depth of field yang tebal. Fitur ini memerlukan kemampuan fokus dari hardware kamera ponselmu.

Auto-hiding interface

Google Camera memberimu tampilan penuh dengan menyembunyikan peralatan-peralatan tak berguna. Hal itu penting karena fotografer menghajatkan bidang layar yang lebar guna memastikan bahwa ia membidik gambar yang sesuai keinginan.

Aplikasi pengolah lain

Solusi untukmu jika ponselmu gagal memasang Google Camera: Gunakan AfterFocus. Aplikasi AfterFocus mengaburkan latar belakang dan menajamkan objek foto dengan metode seleksi. Pengguna Android, terutama yang menggandrungi fotografi, memakai aplikasi ini untuk mengedit gambar-gambar potret manusia seperti foto adiknya, pacarnya atau dirinya sendiri. AfterFocus bisa diunduh di Play Store secara gratis maupun berbayar.

Sebut sumber davologi.blogspot.com jika kau mengopi tulisan ini

2 Responses to "Tiru blur kamera DSLR dengan Google Camera di Android"

  1. Wah, sayangnya gak punya hape Android mas.
    Alhasil ya hanya bisa baca doang tanpa bisa mempraktekan :D
    Tapi kalo dilihat2 keren juga ya hasilnya :D

    BalasHapus
  2. Terima kasih ya gan atas artikelnya, thanks for sharing :)

    BalasHapus

wdcfawqafwef