Memakai pen tool untuk menggambar di Photoshop

Siapa bilang menggambar dengan mouse di Photoshop mustahil? Dengan mouse, memang beberapa orang kedodoran menarik garis, tapi kasus itu dialami hanya oleh mereka yang tidak memanfaatkan peralatan Photoshop secara optimal. Kautahu, ada Pen Tool yang menyelamatkanmu dari goresan ceker ayam.

Daftar isi:

  1. Siapkan brush
  2. Pilih warnamu
  3. Tarik garis
  4. Goreskan kuas

Siapkan brush

Sebelum memakai pen tool, siapkan brush yang akan kaupakai, seperti berapa besar ukurannya, bagaimana jenis teksturnya dan seberapa halus tepinya. Nantinya brush ini akan kita pakai membuat garis. Untuk mengakses Brush, tekan tombol B. Dan untuk mengatur, tekan simbol brush di tool bar atas.

Pilih warnamu

Siapkan juga warna untuk mengisi garismu. Caranya mudah, lebih mudah dari membuat mie instan favoritmu—tinggal tekan kotak warna seperti pada gambar dan tentukan pilihan yang ingin digunakan. Misalnya kau ingin merah, maka tekan warna itu di kotak dialog dan klik OK.

Tarik garis

Sekarang kita mulai dengan Pen Tool. Pilih logo Pen Tool seperti gambar berikut (atau biar cepat, tekan tombol P).
Klik satu titik di bidang kanvasmu. Ini adalah titik awal dari garismu. Ketika kautekan titik lain, titik itu akan jadi titik garis berikutnya. Dalam contoh gambar berikut, aku menarik tiga titik untuk membuat garis seperti ini.
Lengkungkan garis
Garismu dapat dilengkungkan dengan rapi oleh Pen Tool, atau didistorsi dengan berbagai angle, atau ditajamkan sudutnya. Pada garis yang kutarik di atas, misalnya, aku membuat kurva mulus dengan menekan titik tengah. Lihat gambar berikut.
Aku buat titik baru di antara titik pertama dan kedua. Tekan Ctrl sambil menarik titik tengah itu ke bawah dan kau akan menghasilkan lengkungan. Lakukan hal yang sama dengan garis di berikutnya.

Goreskan kuas

Ini bagian menarik. Kita menggores garis hasil pen tool tadi. Caranya: Klik kanan dan tekan Stroke Path. Di sinilah brush yang kita atur di awal tadi berfungsi. Dengan menekan Stroke Path, garis akan diisi oleh brush, beserta warnanya, ukuran dan tekstur kuasnya.
Mudah sekali, bukan?

1 Response to "Memakai pen tool untuk menggambar di Photoshop"

  1. Wah cocok nih....kebetulan saya memang baru belajar edit2 photo. Biar tidak terkena duplikat konten dari google. Trims mas gan.

    BalasHapus

wdcfawqafwef