Hacker dan desainer melek malam

Hacker, penulis dan desainer grafis bangun malam dan tidur pada siang hari. Selain tiga golongan ini, jika ia nekat terjaga malam-malam, maka pastilah ia orang soleh. Hanya orang soleh yang melek jam setengah tiga untuk wirid dan shalat tahajud.

Sudah sekitar seminggu aku tidak tidur malam untuk menggarap beberapa desain Translate Your World, sebuah software penerjemahan real-time yang bisa mengalihbahasakan teks atau ucapanmu. Sebagai gantinya, aku ngantuk siang hari dan biasanya tidur selama dua atau tiga jam.

Screenshot berikut adalah proyek salah satu desain grafis yang aku kerjakan. Ada tujuh desain lainnya--tiga di antaranya Natal, Star of David, dan Naga Asia--yang membuatku tak tidur, dengan menggarap sehari satu desain.



Hacker dan novelis berbagi pengalaman yang sama. Mereka orang yang betah melek. Penulis dan wartawan dan orang-orang yang bekerja dalam tulis-menulis, pada malam hari, merampungkan tugasnya meskipun sebenarnya mereka bisa menyelesaikannya saat siang. Lalu bagi hacker, meretas dan menyiapkan kode adalah ritual kelelawar yang tak boleh dilanggar.

Apakah kau juga bangun malam?

0 Response to "Hacker dan desainer melek malam"

Posting Komentar

wdcfawqafwef