Krama Inggil

Keunikan bahasa Jawa adalah ia memiliki Krama Inggil, bahasa halus yang kaupakai untuk bicara pada orang lebih tua atau pada kaum yang lebih tinggi derajatnya darimu. Jika kau jengkel pada seseorang dan ingin menyembunyikan kekesalanmu padanya, maka krama Inggil adalah perkakas ampuh untuk menutupinya.

Tata krama itu, kata temanku Arul, hanya ada di Jawa. Bangsa lain tidak punya. Orang Arab bilang anta untuk memanggil siapa saja. Orang Amerika berkata "you" untuk menyapa temannya, menegur orang tuanya, atau memanggil Tuhan yang mencipta dirinya.

Jawa sangat ketat tapi sekaligus munafik. Kalau kau bicara pada orang yang lahir lebih dulu darimu dan kau ngoko, menggunakan bahasa Jawa biasa, kau dianggap kurang ajar. Peraturan berbahasa sesuai lawannya sudah menjadi tradisi di suku ini. Namun dengan tradisi itu pula, orang bisa bertameng di balik kata-kata. Apa yang tampak halus dan lemah lembut bisa jadi busuk dan mengerikan.

Kawanku Jarar Siahaan mengatakan, "Aku lebih senang orang yang terkesan sombong namun apa adanya ketimbang mereka yang sopan tapi busuk di belakang."

0 Response to "Krama Inggil "

Posting Komentar

wdcfawqafwef