Screenshot fitnah Jonru yang mengejutkan

Di Facebook dan situs kicauan Twitter, nama orang ini sering disebut netizen dan dijadikan bahan olok-olokan karena twit dan postingnya yang berisi hujatan, dan karena unggahan fotonya yang tak selalu bisa ia pertanggungjawabkan.

Pada foto yang ia sebut sebagai mujahid perempuan Mesir, misalnya, ia hanya comot dan upload ke Facebook begitu saja, tanpa meriset gambar tersebut. Jonru menulis foto itu adalah kematian syahid seorang muslimah Mesir yang mendukung Ikhwanul Muslimin. Wanita ini mati dibunuh oleh militer Mesir dalam perjuangan melawan pemerintah.

foto wanita ikhwanul muslimin jonru malaysia
Gambar warga Malaysia yang disebut Jonru sebagai perempuan Mesir yang mati syahid.


Fakta yang sesungguhnya: Perempuan tersebut warga Malaysia. Ia sedang melakukan latihan mengurus jenazah. Sebagaimana pengungkapan di Kaskus (goo.gl/uJx1bF), gambar asli wanita ini dipublikasi pada Juli 2011. Bisakah kaubayangkan seseorang mati, sekalipun syahid, dengan mata menyipit dan mulut menganga sedemikian lebar?

Sebenarnya kau bisa temukan guyonan dia lebih banyak lagi dengan menulis namanya di Google atau dengan membaca blog dan situs dan diskusi-diskusi forum yang mengulas tentangnya.

Pagi ini, karena gemes oleh twit, foto dan status-status Jonru, dan karena fitnah layak dibalas secara guyon, aku iseng mengetik "jonru" di Google. Astaghfirullah, tampillah hasil pencarian ini, sebuah peringatan penting dari si Mbah.

jonru pencarian google
Screenshot pencarian Google dengan kata kunci "fitnah."


Tidak puas, aku mengetik namanya di kamus offline maupun online. Kamus bahasa Indonesia tak memiliki entri jonru. Tapi ketika kumasukkan namanya di dictionary.reference.com, muncullah ini: menjonru, melakukan tindakan fitnah. Ia bisa berbentuk kata benda dan kata kerja transitif atau intransitif.

definisi nama jonru di kamus
Bahkan situs Dictionary membuatkan definisi untuk kata "jonru"


Tentu kau tak percaya gambar ini, bukan? Sebab pada dua gambar ini, baik pencarian Google atau screenshot situs reference.com, aku sedang menjonruimu. Begitu juga dengan guyonan pria berkacamata itu di Facebook. Kau tak bisa mempercayainya karena Jonru menulis tak hanya berita palsu tapi juga gagasan yang miskin logika.

0 Response to "Screenshot fitnah Jonru yang mengejutkan"

Posting Komentar

wdcfawqafwef