Tips motret dengan HP atau DSLR saat hujan

Tak peduli apakah kau fotografer ponsel, pocket atau DSLR, jika hujan turun, mood berfotomu pun menurun. Fotografi sering mengandalkan tak hanya mood yang baik, tapi juga cuaca yang bersahabat dan lingkungan yang mendukung potret-memotret. Aku tak bicara fotografi dalam ruangan; aku bicara soal outdoor, menjepret sambil jalan ke pantai atau ke taman kota.

Cuaca buruk, semacam hujan, bisa merusak dua hal: semangat dan perangkat. Semangat hilang karena jalanan becek dan perangkat modar akibat kejatuhan air yang berlimpah dari langit.

Daftar isi

kiat potret hujan kamera hp dslr

Kau memerlukan rencana kedua saat cuaca buruk melanda. Berikut apa-apa yang bisa kaulakukan sebagai fotografer yang kesal oleh hujan dan cuaca.


Bawa payung

Selalu sediakan ini di mobilmu atau di sepeda motormu saat keluar untuk berburu gambar. Jika kau punya partner, akan lebih baik lagi untuk bekerja sama. Kau memotret dan temanmu memayungimu, atau sebaliknya. Memotret di bawah payung dan di antara hujan yang deras bisa jadi pengalaman yang menyenangkan.

Sedia jas hujan

Kau tak harus beli yang mahal. Jas hujan tipis cukup untuk melindungimu dari tetesan air yang dikirim Tuhan. Kenapa memerlukan jas hujan jika sudah pakai payung? Ya biar cipratan air di sekeliling tidak menyerang.

Pasang pelindung kamera

Kalau ada uangmu, belilah pelindung kamera untuk membungkus hape atau DSLRmu ketika hujan. Pelindung kamera bisa dipakai bahkan dalam kolam renang. Tonton review di YouTube, ikuti diskusi forum dan jelajah ulasan blog atau situs sebelum memutuskan jenis pelindung yang berkualitas. Jangan beli murah namun barangnya miskin mutu.

Bawa lap

Bawalah kain lap lembut, seperti yang biasa kaupakai untuk membersihkan kaca mata. Kain lap ini penting guna membasuh cipretan air ke lensa kameramu. Satu tetes air saja bisa mengganggu pandangan dan bidikan lensamu. Kau bisa menaruh lap atau tisu di saku dan memakainya nanti saat diperlukan.

Manfaatkan langit

Jangan mengandalkan cuaca. Dengan langit mendung, kau bisa menjepret gambar yang dramatis. Temukan objek sekeliling, eksplorasi pemandangan yang dihasilkan cuaca, dan ambil sisi atau sudut pandang yang paling keren untuk dipotret. Jangan melulu terpatok oleh objek atau lingkungan. Gambar bagus tak selalu berasal dari objek bagus.

Jaga keselamatan

Berdoa sebelum berangkat. Di musim hujan, jalanan licin. Jangan biarkan dirimu kepleset di teras Pak Karmin atau kecebur air saat membidik langit di pantai Blimbing.

Kau boleh mengutip atau menyalin penuh artikel ini asal menyebut davologi.blogspot.com

0 Response to "Tips motret dengan HP atau DSLR saat hujan"

Posting Komentar

wdcfawqafwef