WhatsApp tambah enkripsi untuk lindungi pesanmu dari hacker

Aku memeriksa WhatsApp setidaknya sekali sehari untuk melihat pesan masuk dari Arul dan Bio Ahmed, dua sahabatku di Lamongan. Sejak aku di Jakarta, WhatsApp adalah aplikasi andalan agar trio Krobok ini tetap terhubung.

Baru-baru ini WhatsApp mengenalkan fitur anyar, enkripsi pesan, yang memungkinkan pengguna menjaga isi teks mereka seaman mungkin dari hacker dan penyadap.Fitur end-to-end encyrption ini, seperti kukutip dari Digital Trends (goo.gl/xAsl5S), adalah hasil kerja sama dengan perusahaan Open Whisper Systems.

Dengan fitur enkripsi, hanya ada dua orang di dunia yang bisa membaca pesan WhatsAppmu, yaitu kau dan lawan chattingmu. Bahkan seandainya pihak berwajib menodong WhatsApp untuk melacak isi pesan yang kautulis hari ini untuk Tina dan Jennifer, misalnya, WhatsApp tidak akan bisa melakukan itu karena enkripsi tersebut demikian aman dan tak mungkin lagi dibuka.

Fitur serupa sudah diterapkan terlebih dahulu oleh aplikasi Telegram, Cryptocat, dan Silent Text, namun pengguna mereka sangat sedikit. WhatsApp, dengan pengguna lebih dari 600 juta, tak dipungkiri adalah aplikasi chatting terbesar di dunia. Meski fitur ini tersedia di Android, WhatsApp belum mengumumkan kapan ia akan menambahkannya pada iOS.

Dengan fitur unik ini, di grup Whatsapp kami, The Krobok, orang-orang tak akan bisa lacak atau mengintip obrolan kecuali aku, Arul, Bio Ahmed dan beberapa sahabat semasa kuliah, dan itu menjadikannya ruang cangkruk yang nyaman dan aman.


0 Response to "WhatsApp tambah enkripsi untuk lindungi pesanmu dari hacker"

Posting Komentar

wdcfawqafwef