Alternatif software melukis gratis selain Photoshop

Sebagai pelukis dan desainer grafis, aku menginstall beberapa program digital painting di Android maupun di laptop ASUSku. Beberapa yang biasa kupakai adalah GIMP, OpenCanvas dan, tentu saja, Adobe Photoshop. Di ponsel Androidku, aplikasi macam Sketchbook Pro dan Photoshop Touch for Phone juga terpasang sejak lama dan selalu jadi pilihan pertama untuk editing dan melukis digital.

Tapi sebagian aplikasi yang kusebut di atas sesungguhnya berbayar. Adobe Photoshop, sebagai contoh, dijual dengan harga Rp289.000 perbulan. Kita tak sadar software ini berbayar karena kita menikmati gratisan dari blogger dan anak-anak forum.

Daftar isi (klik untuk loncat)
  1. Project DogWaffle
  2. Krita
  3. MyPaint
  4. Realworld Paint
  5. Pixia
  6. Tux Paint

Lalu bernarkah ada software lukis digital yang betul-betul gratis? Ada. Kalau kau ingin tobat menjadi pencuri dan mulai menjalani hidup sebagai penikmat software yang syar'i, tidak lagi colong-colongan, maka berikut daftarku untukmu.

Project DogWaffle


Aplikasi ini menyediakan kuas, filter, efek, set warna gradasi, pilihan warna ganda, bantuan membuat animasi dan banyak lagi. Kekurangannya: Ia agak lamban di PC dengan OS terdahulu. Project DogWaffle juga memiliki layer yang terbatas dan menanangani hanya berkas Targa dan BMP. Namun sebagai program gratisan, ia sangat mumpuni.


Krita


Sebelumnya milik KOffice, Krita memberimu fitur seperti zoom, scripts, undo, bentuk, outline, gradasi, kaligrafi, pengisian, teks artistik, pengaturan layer, pengelolaan channel, dan lain-lain. Ia mendukung berbagai filter di antaranya tunnel, hipno, sobel, roundify, sectorize, random pick, phong bumpmap, kaleidoscope, edge detection, HSV adjustment, stereographic projection dan banyak lagi. Krita juga dapat membuka beberapa berkas seperti .kra, EXR, PPM, PGM, PBM, PNG, PDF, Gimp image, PSD image, JPEG-2000, dokumen OpenRaster dan ekstensi-ekstensi lainnya.


MyPaint


Software yang satu ini berjalan cepat dan sangat gampang diaplikasikan. MyPaint tidak banyak bacot; ia memintamu fokus ke seni ketimbang ke peralatan program. Dengan beragam pilihan brush seperti ink dan charcoal, kau bisa mensimulasi proses melukis selayaknya di media tradisional. Kau juga dapat bereksperimen dengan kuas buatanmu sendiri jika kau cukup menguasai brush dan perilakunya.

aplikasi my paint untuk ganti photoshop

Realworld Paint


Berkemampuan menggambar digital dan mencipta animasi sederhana, Realworld Paint dilengkapi dengan fitur yang kaya serta interface yang menawan. Software ini mengijinkanmu melakukan crop, fill, magic wand, red eye removal dan masih banyak lagi. File berformat gif, psd , jpeg dan webp juga bisa dibuka melalui aplikasi tersebut. Dengan Realworld Paint, kau tak hanya melukis tapi juga dapat mengedit foto selayaknya Photoshop.

realworld software melukis

Pixia



Pixia, yang aslinya berbahasa Jepang, menjanjikan fitur editing dan digital painting yang komplit. Ia mendukung masking, layer dan berbagai fitur penyuntingan gambar. Kau bisa memakai brush bikinanmu sendiri atau menggunakan file foto sebagai kuas baru. Dengan mesin anyar, Pixia berjalan semulus ArtRage. Ia menyediakan beragam plugin dan filter gratis yang bisa didownload dari dalam aplikasi. Aplikasi ini cocok untuk menggambar pada foto.

download pixia untuk edit foto

Tux Paint


Caca suka melukis di Tux Paint. Biasanya aku menemani dia depan laptop dan mengomentari beberapa goresan yang kurang enak dipandang. Sury Samsurya, ibunya, menginstall software tersebut saat mengikuti pelatihan mengajar seni pada anak TK. Meski aplikasi didesain untuk anak-anak, Tux Paint mumpuni untuk melukis gambar sederhana, dan penggunaannya pun mudah sekali. Tux Paint menyediakan fitur shapes, stamps, fill brushes, magic brushes dan magic stroke dengan beraneka ragam opsi.

tux paint software mengajar melukis anak

Setiap kali kau mengklik atau menggores ke kanvas, Tux Paint akan mengeluarkan bunyi seperti gebukan drum atau suara binatang.

Dan sebenarnya ada banyak lagi software melukis gratis yang bisa kautemukan di internet. Kalau kaupikir menginstall aplikasi non-berbayar berarti menjalani hidup secara syar'i dan kau ingin menjadi muslim yang baik, maka pilih dan pasanglah salah satu software di atas. Aku bukan muslim yang baik. Jangan tiru.

0 Response to "Alternatif software melukis gratis selain Photoshop"

Posting Komentar

wdcfawqafwef