Menguasai brush Photoshop dan shortcuts

Sebagai desainer grafis dan pelukis digital, aku tak bisa lepas dari brush. Ia alat yang kugunakan paling sering di antara peralatan lain pada Toolbox Photoshop. Karena begitu kerapnya memakai, aku hafal sebagian besar tombol shortcut brush dan selalu menggunakan pintasan tersebut untuk melakukan banyak hal seperti mengganti edge, mengubah ukuran, dan memodifikasi opacity.

Daftar isi (klik untuk loncat)
  1. Akses ke brush
  2. Mengubah ukuran brush
  3. Menambah brush
  4. Mengganti opacity brush
  5. Blending mode kuas
  6. Mengubah edge brush 

Akses ke brush


Tak perlu lelah-lelah menggeser mouse ke Toolbox untuk mengaktifkan brush. Tombol pintas kuas B bisa dijadikan alternatif. Dengan tombol pintasan B, kau menghemat waktu dan menyimpan tenagamu untuk keperluan lain.

Jika kau ingin akses brush dengan kotak dialog yang lebih besar, tekan F5 atau klik ikon seperti pada gambar berikut.
video brush photoshop

Kotak palette tampil dengan berbagai pilihan kuas.

Mengubah ukuran brush


Untuk mengubah ukuran kuasmu, geser slider brush di tool bar. Geser ke kanan untuk memperbesar dan ke kiri untuk mengecilkan.  Lihat gambar berikut.

Agar tidak capek, bisa juga kautekan tombol [ untuk memperkecil dan ] untuk memperbesar. Kalau pada tahap ini brushmu tidak muncul dan hanya tampil titik kecil di layar, itu tanda kuasmu tersembunyi. Tekan Caps Lock untuk membuat bulatan brush muncul dan hilang di Photoshop.

Menambah brush


Ada saatnya kau menjumpai brush bagus di internet dan ingin memasangnya sebagai default di Photoshopmu. Biasanya berkas brush berbentuk .abr. Unduh filenya dan masuk ke folder Brushes yang berada di C > Program Files > Adobe > Adobe Photoshop CS3 > Presets.
tutorial memilih folder brush photoshop

Tentu tiap versi Photoshop tidak sama lokasi foldernya. Satu hal yang sama: semuanya memiliki folder Brushes. Temukan folder itu dan masukkan file .abr ke sana.

Buka brush preset picker seperti gambar berikut.
bagaimana color picker photoshop

Klik tombol segitiga di kanan atas
dialog brush photoshop

Dan tekan Load Brushes

Pada kotak berikutnya, kaupilih sendiri file .abr yang sudah dimasukkan ke folder Brushes tadi.

Mengganti opacity brush


Opacity menentukan tingkat transparansi kuasmu. Pada opacity 100%, kuasmu tegas dan jelas. Pada 50%, kuasmu transparan. Opacity 0% berarti kuas hilang karena ia transparan sepenuhnya. Untuk mengatur opacity brush, geser slider berikut di tool bar.
tips opacity brush photoshop

Shortcut untuk opacity adalah tombol angka. Tombol 1 untuk 10%, 2 untuk 20%, 3 untuk 30% dan seterusnya.

Blending mode kuas


Tak hanya layer yang memiliki blending mode. Brush juga bisa diatur modus pembaurannya dengan berbagai pilihan seperti Screen, Soft Light dan Overlay. Tekan tombol Mode dan pilih sendiri blending mode yang kauinginkan. Blending mode menghasilkan berbagai efek dan menyatukan warna kuasmu dengan background.
trik blending mode

Sebagai saran, selalu gunakan blending mode Normal saat kau melukis digital. Jangan tergoda menggunakan smudge, Dodge/Burn, dan blending mode pada kuas maupun layer. Tiga cara ini adalah kesalahan Photoshop yang paling sering saat berurusan dengan digital painting.

Mengubah edge brush


Edge adalah kehalusan tepian brush. Dengan kehalusan tinggi, kuasmu berubah jadi airbrush. Dengan tepian kasar, kau membuat goresan tegas. Atur seberapa halus dan kasar tepiannya dengan menggeser slider Hardness di kotak brush preset picker.
hardness cara brush photoshop

Atau, sebagai alternatif, cukup tekan Shift+[ untuk memperhalus dan Shift+] untuk memperkasar tepiannya.

0 Response to "Menguasai brush Photoshop dan shortcuts"

Posting Komentar

wdcfawqafwef