Cara memerahkan bibir di Photoshop, seperti lipstik

Pembaca blog Davologi mengirimiku email dan inbox Facebook, meminta tutorial lipstik di Photoshop. Pelajaran macam itu tersedia banyak di internet sebenarnya. "Tapi aku ingin versimu," kata dia.

Daftar isi

Baiklah, memenuhi permintaan itu, aku tuliskan pelajaran singkat yang bisa kauikuti dua tiga menit saja. Peralatan yang kaubutuhkan juga hanya brush dan penghapus. Tidak perlu memahami warna atau memakai pen tool untuk menggambar. Hanya dua alat itu.

Model

Pertama-tama, aku ingin perkenalkan Sury Samsurya, model yang kupakai dalam pelajaran kali ini. Gambar Sury berikut difoto dengan kamera ponsel Nokia C2 beberapa tahun silam. Kau bisa unduh gambar ini jika kau ingin praktek sesuai tutorial, atau bisa juga kaugunakan foto adikmu, kakak iparmu, atau selingkuhanmu di Whatsapp. Terserah.

tutorial belajar memberi lipstik gincu lewat Photoshop
Sury Samsurya

Memilih Brush

Setelah kaubuka foto yang akan kaumerahkan bibirnya itu di Photoshop, tekanlah Brush Tool atau cukup pencet tombol B pada keyboard. Untuk lebih lanjut mengenai kuas dan penggunaannya, baca posting tentang menguasai brush Photoshop dan shortcuts. Pilih kuas bulat dengan tepi setengah lembut dan ukuran yang bisa kausesuaikan sendiri. Ini tergantung besarnya foto yang kauedit. Saranku: Pilihlah ukuran kuas sebesar daun bibir atas.

Memilih kuas brush tool untuk merah bibir
Pilih kuas lembut dengan ukuran kecil

Mewarnai

Buatlah layer baru dengan klik simbol "New Layer" atau dengan menekan Ctrl + Shift + N. Lalu dengan warna merah yang tak terlalu muda dan tidak terlalu tua, kuaskan brushmu pada bibir model. Tak usah khawatir apakah goresanmu belepotan atau melebar ke luar wilayah mulut. Kau akan benahi itu nanti.

Warnai sekenanya. Tak usah khawatir melebar.

Opacity

Turunkan Opacity hingga 52%. Tingkat Opacity ini bisa kauubah-ubah sesuai kebutuhanmu. Jika warna bibirnya terlalu kuat, turunkan lagi; jika terlalu lemah, naikkan hingga 70 atau 80% tapi jangan sampai 100%. Sekali lagi, kau tak perlu ikuti patokan. Bebas saja.

menurunkan opacity di photoshop

Membaurkan warna

Setelah Opacity beres dan kaurasa cukup, pindahlah ke kotak sebelah kanannya. Kita menamainya kotak Blending Mode atau dalam bahasa Indonesia Modus Pembauran. Tekan dan pilih Soft Light pada kotak, seperti yang kulingkari di gambar. Kalau soft light terlalu ringan, cobalah Multiply. Boleh juga kau eksperimen blending  satu-satu dengan menekan tombol arah atas dan bawah.

blending mode di photoshop

Menghapus kuasan

Ini yang kumaksud dengan pembenahan. Karena kuasanmu sebelumnya melebar kemana-mana, sekarang saatnya kau merapikan. Gunakan Eraser Tool dengan tekan tombol E di keyboard. Atur Opacity kuasmu menjadi sekitar 30% dan hapus perlahan--jangan sampai kebablasan--bagian yang melebar. Hapus juga daun bibir yang atas--sedikit saja.

menghapus merah lipstik photoshop

Kenapa menghapus daun bibir atas? Karena normalnya, daun bibir atas pada mulut manusia cenderung lebih gelap ketimbang yang bawah. Ingat, hapus sedikit saja. Kau harus menyisakan lipstik pada bagian itu.

Selesai.

Kau hanya butuh dua tiga menit untuk melakukannya, bukan? Jika kau memakai gambar Sury, hasilmu kira-kira akan seperti berikut (tentu saja versiku telah aku retouch).

hasil akhir wanita cantik dengan bibir merah photoshop

Bagaimana aku menambahkan retouch pada foto di atas? Sabar, sobat. Akan kutulis di lain kesempatan. Untuk saat ini, jariku kemeng demi mengetik tutorial untukmu, tapi kau bisa ikuti blog Davologi dan melanggani posting-posting barunya melalui email. Kau akan dikabari saat aku menerbitkan tulisan.

Selamat mengedit, selamat memakai lipstik. Dan selamat pagi, kawan semuanya.

1 Response to "Cara memerahkan bibir di Photoshop, seperti lipstik"

wdcfawqafwef