Cara menjalankan Photoshop di Chrome: alternatif editing

Mengedit foto memerlukan perangkat yang baik dan software yang mumpuni karena kau ingin prosesmu lancar--misalnya supaya zoom dan navigasi lebih efisien. Photoshop, aplikasi pengolah gambar terbitan Adobe, melayani desainer dan fotografer sejak lama dan telah membantu mereka untuk menangani banyak pekerjaan seperti mengganti warna, mengedit foto hp, mengubah ukuran gambar, dan membuat depth of field ala kamera SLR.

Daftar isi (klik untuk loncat)
  1. Pixlr Editor
  2. GIMP
  3. iPiccy
  4. Fotor Photo Editor

Beberapa minggu lalu, Adobe mengumumkan bahwa Photoshop bisa dijalankan di Chrome dan Chromebook, tapi jatahnya terbatas, yaitu hanya untuk kalangan akademisi sebagai uji coba. Aplikasi online itu akan dipakai oleh dosen dan profesor di Amerika Utara saja. Bagi kau yang penasaran pada software ini, bunyi pertanyaanmu pasti begini: Adakah siasat lain untuk mencoba Photoshop secara online, tanpa menjadi dosen?

Jawabannya ada. Kau bahkan bisa jumpai beberapa software yang melampaui Photoshop. Atau kalau muak merogoh dompet untuk beli dari Adobe dengan harga sekitar Rp300 ribu perbulan, kau bisa gunakan alternatif software melukis gratis selain Photoshop.

Cara menjalankan Photoshop di Chrome: Pixlr Editor

Pixlr adalah salah satu aplikasi pengedit gambar yang populer di Mac, Windows maupun di Anrdoid. Chrome menyediakan aplikasi ini untuk OSnya juga. Pergi ke Chrome Web Store dan ketiklah kata kunci Pixlr Editor. Tekan tombol biru yang bertanda '+FREE' untuk menambahkannya ke Chromebook.

Saat kau menjalankannya, Pixlr Editor memberimu tampilan yang mirip Photoshop. Kolom kiri adalah toolbox dengan peralatan macam Crop, Clone, Lasso dan Fill Bucket. Sementara di kanan adalah layer dan navigasi. Terdapat pula pen tool untuk menggambar layaknya Photoshop.

Tombol shortcut berfungsi sebagaimana biasa. Ketika kau membuat kesalahan dalam editing, misalnya, kau bisa tekan Ctrl + Z untuk mengulang.

aplikasi pixlr ganti photoshop

Cara menjalankan Photoshop di Chrome: GIMP

Dengan kebaikan pengembang, kita menikmati GIMP secara gratis di Chromebook. Boleh kaubilang GIMP adalah adik Photoshop yang memurahkan dirinya, tanpa menuntutmu bayar sewa atau membeli ini itu. Pemakaiannya pun gampang. Jika kau mengerti dasar Photoshop--memahami warna dan menguasai brush dan shortcut--maka kau juga bisa menjalankan GIMP. Internet menyediakan banyak tutorial GIMP dalam bentuk video serta artikel blog.

download GIMP alternatif PS CS3

Cara menjalankan Photoshop di Chrome: iPiccy

Kalau mau enteng-entengan, tidak ribet, unduhlah saja iPiccy. Aplikasi ini tidak menampilkan fitur njlimet seperti di GIMP atau Pixlr Editor. Dengan layoutnya yang cerah, kau dapat melakukan berbagai editing sederhana seperti memutar gambar, mengubah ukuran, dan membuang bagian foto lewat cloning tool. Ia juga menyediakan aneka ragam efek ala Instagram.

iPiccy belajar edito foto keren

Cara menjalankan Photoshop di Chrome: Fotor Photo Editor

Di Android aplikasi ini terkenal sekali. Fotografer ponsel memasang Fotor sebagai pengedit utama selain Pixlr dan PicsArt Studio. Apa yang bisa dilakukan Fotor? Aplikasi ini berfokus pada pembuatan kartu, collages atau sampul majalah. Sangat sederhana dan ia tak dapat diandalkan untuk editing tingkat lanjut seperti di Photoshop. Tapi efek-efek filternya cukup kaya, di antanya filter retro dan Instagram.

fotor di android unduh APK

1 Response to "Cara menjalankan Photoshop di Chrome: alternatif editing"

  1. wah teryata bisa juga ngedit photo pakai photoshop melalui chrome ya

    BalasHapus

wdcfawqafwef