Cara zoom dan navigasi Photoshop yang efisien

Foto narsis atau rancangan grafis yang kaukerjakan di Photoshop, ada kalanya, berukuran sangat besar, dan kau harus mengerjakan detil-detil kecil dengan zoom berkali-kali. Mengubah ukuran foto menjadi kecil atau menjadi raksasa bukan hal susah. Zooming dan navigating juga perkara yang gampang. Tapi apakah engkau melakukan itu dengan mengandalkan peralatan di tool box melulu? Jangan, kawan. Hemat waktumu.

Daftar isi (klik untuk loncat)
  1. Zoom
  2. Navigasi
  3. Sembunyi layer


Zoom

Berhenti menggeser dan mengeklik mousemu pada tombol zoom tool di pojok bawah. Kau bisa tekan Ctrl dan tambah (+) untuk memperbesar serta Ctrl dan kurang (-) untuk memperkecil. Lebih ringkas. Kekurangannya: Cara ini memberi zoom di tengah gambar dan bukan di posisi tempat kursormu bersandar.

Sebagai alternatif, trik lainnya adalah menggunakan tombol Ctrl dan spasi. Pencet Ctrl dan bar spasi bersamaan sambil tarik mousemu untuk membuat seleksi. Kotak seleksi itu, yang ingin kau garap dengan lebih detil, akan diperbesar. Zooming yang telaten akan menghindarkanmu dari salah satu tujuh kesalahan dalam editing Photoshop.

Bagaimana menavigasikan gambar yang dizoom? Jawaban paling gampang adalah Hand Tool. Logonya telapak tangan. Dengan Hand Tool, kau menggerakkan gambar tampilan besar itu ke kanan, kiri, atas, bawah dan ke mana saja yang kausuka. Tahukah kau ada jalan pintas yang lebih cepat? Tekan tombol spasi, klik mousemu, dan geser ke arah manapun kauingin ia bergerak. Tombol spasi dan klik kiri mouse akan memberimu Hand Tool sesaat. Artinya, saat kau melepas spasi, hand tool pun ikut terlepas.

Sembunyi layer

Sebagaimana zooming dan navigasi kanvas, terkadang kau butuh menyembunyikan semua layer selain layer yang sedang kaukerjakan. Caranya: Tekan Alt dan klik simbol mata di sebelah kiri layer. Seluruh layer akan tersembunyi untuk sementara sampai kau menekannya sekali lagi. Fitur ini berguna bagi desainer yang ingin fokus pada satu bentuk di layer terpisah.

Mempelajari shortcuts seperti ini membuat pekerjaanmu lebih cepat dan efisien. Kau punya urusan lain seperti ngeblog, Facebookan dan nonton bioskop. Pilih proses paling cepat saat berurusan dengan Photoshop.

0 Response to "Cara zoom dan navigasi Photoshop yang efisien"

Posting Komentar

wdcfawqafwef