Sebelum era Photoshop, bagaimana orang retouch foto?

Kita bersyukur karena hidup di jaman Photoshop, di mana editing dan fotografi begitu mudah. Coba kau ingat-ingat bagaimana ayah dan kakekmu dulu bersusah payah untuk memenuhi hobi fotografi: Mereka menghemat gambar dan baterai sebab, di jaman itu, satu jepretan berarti satu nyawa bagi rol film. Tak bisa dihapus. Tak bisa dipulihkan. Bahkan setelah gambar selesai diambil, mereka tak dapat segera menikmati hasil jepretannya. Mereka harus mencuci dan mencetaknya dulu. Belajar fotografi pastilah mahal dan menyakitkan di masa itu.

Daftar isi


foto Adams Retouch device

Solusi

Tapi itu bukan berarti tak ada olah gambar. Para fotografer lawas mengedit jepretan mereka dengan berbagai cara, di antaranya dengan menguas, menyemprot airbrush, dan menggambar pakai pensil. Dan itu harus dikerjakan oleh seniman yang betul-betul berbakat karena pengerjaan tersebut berhubungan dengan bagian sempit misalnya flek di kulit dan jerawat di hidung. Satu kesalahan, maka gambar akan memble, tak cocok untuk dicetak dalam ukuran besar.

Temuan

Untuk memudahkan pekerjaan itu, seorang penemu bernama Harry LeRoy Adams mematenkan sebuah alat untuk retouch foto pada 1946. Alat ini meringankan pekerjaan olah gambar, meski ia masih memerlukan tenaga manusia telaten untuk mengoperasikannya. Ini alat yang sederhana. Ia tak berkemampuan membuat depth of field ala kamera SLR, apalagi menggabung dua foto hewan seperti yang dilakukan Photoshop.

Cara kerja

Cara kerja alat tersebut sangat manual, dengan seorang seniman memegang pensil dan kuas untuk memilih bagian-bagian yang mau diretouch. Operator menempatkan selembar negatif pada alas mesin dan mengapitnya dengan dua buah cincin yang menyerupai donat. Setiap kali sang operator menandai satu bagian pada negatif, mesin menyinarinya dari bawah dan memberi vibrasi dengan tingkatan yang dapat disesuaikan, menetralkan flek dan cacat pada area tersebut. Tentunya mereka dibantu oleh kaca pembesar. Sungguh pekerjaan yang melarat.

gambar foto Colorado-based Adams Retouching Machine Co

Mesin ini mengundang minat dan diproduksi pada jaman itu untuk fotografer. Menurut PetaPixel (goo.gl/99DaFg), mesin Adams diluncurkan pada 1940an dengan nama Colorado-based Adams Retouching Machine Co. Operator tak perlu memahami warna untuk mengoperasikan mesin tersebut karena pada masa itu foto masih hitam putih.

John Sargent Barnard, seorang pemilik toko kamera lawas, menjual mesin Photoshop jadul ala Adams tersebut di situs Etsy (goo.gl/AopZTo).

1 Response to "Sebelum era Photoshop, bagaimana orang retouch foto?"

wdcfawqafwef