Lima fitur Adobe Photoshop CC 2014 yang harus kaucoba

Adobe Photoshop CC 2014 diluncurkan tahun ini, dan aku mencobanya beberapa hari sebelum kembali ke versi lama, CS3, yang merupakan favoritku selama bertahun-tahun. Kalau kau sudah icip versi terbaru itu, pasti kau akrab dengan lima fitur berikut.

Daftar isi
lima fitur adobe photoshop CC 2014 download

Blur

Blur adalah salah satu fitur Photoshop yang paling sering kupakai, baik untuk menghaluskan seleksi atau untuk memberi efek depth of field ala kamera SLR. Photoshop CC 2014 hadir dengan dua pilihan blur baru, path dan spin. Dua blur ini cocok untuk menambah energi pada fotomu atau memeberi kesan pergerakan seperti pada gambar panning. Fitur blur spin, misalnya, dapat kaupakai untuk memanipulasi kipas atau kincir angin di sawah agar ia tampak seolah berputar.

Focus area

Versi terbaru ini lebih pintar dari yang kaubayangkan. Photoshop CC 2014 tahu wilayah yang kau ingin fokuskan pada foto, dan akan melakukan crop otomatis pada daerah itu. Untuk mengakses fitur ini, tekan Select > Focus Area. Butuh beberapa detik untuk membuka fitur Focus Area tapi setelah ia tampil, Photoshop akan menjalankan tugasnya dengan baik. Kau juga bisa membenahi area crop yang dideteksi otomatis oleh Photoshop tersebut. Sayangnya, fitur tersebut hanya bekerja lancar jika kau menggunakan kamera SLR, dengan background buram dan objek foto tajam.

Smart guides

Kalau kau ilustrator, desainer grafis atau perancang sampul buku, garis pandu adalah tool yang sudah seperti rokok bagi kopi. Keduanya tak terpisahkan. Photoshop CC menyediakan garis pandu yang tidak mengganggu karena ia akan nampak hanya saat kau menekan selection tool.  Tekan Alt + seleksi dan kau bisa menduplikasi layer dan pergerakan dalam grid. Cara ini memudahkanmu untuk menempatkan dan mensejajarkan objek di kanvas.

Package tool

Karena banyaknya pengguna yang memakai fitur linked smart objects, Adobe memperkenalkan package tool, satu alat untuk mencipta folder gambar dan smart objects yang kemudian dapat kau share dengan temanmu. Ini mirip dengan fitur collect for output di Quark Express.

Font lebih banyak

Langgani Creative Cloud subscription dan kau akan takjub dengan ribuan font yang bisa kaupakai untuk editing atau untuk proyek desainmu. Seperti biasa, pilih layer yang berisi font dan arahkan mousemu ke daftar font. Teksmu akan berubah-ubah gaya begitu kau bergeser dari font satu ke font lainnya.

1 Response to "Lima fitur Adobe Photoshop CC 2014 yang harus kaucoba"

wdcfawqafwef