Foto ini dijepret dengan hp dan diedit dengan Photoshop

Aku menerima email dari pembaca Davologi. Ia mempertanyakan kemampuanku dalam editing karena menurutnya Davologi menulis lebih banyak berita ketimbang tutorial. "Jangan-jangan tutorialmu itu palsu," kata dia.

Aku menjawab dengan enteng saja, "Lihat portfolioku dan video tutorialku."

Aku menggemari editing dan fotografi. Dan untuk memeriksa karya foto maupun karya editing, dia bisa peroleh dengan mudah pada album Mobilephotography di Facebookku.

Daftar isi (klik untuk loncat)
  1. Wahyu
  2. Duduk termenung
  3. Bersandar
  4. Rofiudin
  5. Diza

Sebagian karya fotoku, karena ketiadaan SLR, berasal dari kamera ponsel. Dulu aku pakai N70, sekarang lebih banyak dari ponsel Android Cross A7#. Berikut beberapa karya yang kujepret dari ponsel dan kuedit di laptop lewat Photoshop.

Wahyu


Kami memilih pantai Brondong di Lamongan untuk mengambil gambar ini setelah pagi itu Wahyu, aku dan Harry Noor fitness. Melihat badan-badan kekar, aku terinspirasi memotret Wahyu dan Harry Noor. Wahyu bersedia; Harry melarikan diri.

Gambar Wahyu kuedit di Photoshop CS3 dengan membuat seleksi lewat Pen Tool. Simpel saja editingnya: Kau hanya memburamkan latar belakang dan memain-mainkan curve dan level untuk menghasilkan efek warna yang diinginkan.

Proses perubahan foto Wahyu sebelum dan sesudah Photoshop

Duduk termenung


Ketika Jhony dan aku berburu gambar laut di Sedayulawas, Lamongan, kami berjumpa anak ini. Dia diam saja saat aku ambil fotonya. Jhony juga menjepret beberapa gambar dari depan, samping dan belakang.

Seperti gambar sebelunya, potret bocah perempuan ini disunting di Photoshop CS3. Kau bisa melihat atmospheric perspective di background, efek kekabut-kabutan seperti bekas perang. Aku membuatnya dengan menurunkan kontras dan menaikkan sedikit brightness.

foto anak kecil photoshop

Bersandar


Masih di tempat yang sama seperti anak perempuan di atas, bocah ini adalah adiknya. Awalnya dia menolak difoto. Tapi karena asyik menonton kakaknya bermain di perahu, dia lengah. Dan jepret! Satu foto berhasil kuambil. Gambar ini dibidik dengan kamera hape Cross A7# dengan resolusi 8 megapiksel yang tampak seolah-olah 2 megapiksel--kualitas jepretan ponsel China, sebagaimana kita maklumi, tidak begitu bagus.


Rofiudin


Saat foto ini diambil tahun lalu, kami sedang ngabuburit, menunggu berbuka puasa, di pantai BOM Anyar, Lamongan. Rofiudin berpose beberapa kali dan gambarnya diambil lebih dari 15 jepretan dari kamera Cyber-shot. Tiga fotonya yang lain dapat kautengok di album Facebook Mobilephotography.

Aku mengedit gambar Rofiudin dengan Photoshop CS2 di laptop dia.


Diza


Diza, keponakan temanku, sedang bermain pasar-pasaran pagi itu ketika aku ketemu pertama kali. Editing foto Diza ini telah kubikinkan tutorialnya dengan judul Membuat depth of field ala kamera SLR dengan Photoshop. Silakan baca dan ikuti langkah editing di sana, atau sampaikan pertanyaanmu di komentar jika kau kesulitan.


Sekarang setelah artikel ini, nampaknya aku tak perlu membalas email dari pembaca yang menuntut karyaku itu.

0 Response to "Foto ini dijepret dengan hp dan diedit dengan Photoshop"

Posting Komentar

wdcfawqafwef