Tujuh kesalahan dalam editing Photoshop

Seorang pemula biasanya melakukan kesalahan berikut saat mengedit di Photoshop. Bahkan desainer menengah dan profesional pun, kadang kala, awam tentang hal-hal mendasar di bawah ini.

Daftar isi (klik untuk loncat)
  1. Salah memilih modus gambar
  2. Membuat layer terlalu banyak dan membanggakannya
  3. Menggunakan Pen Tool seperti guntingan kertas
  4. Menghitam-putihkan foto dengan hasil yang membosankan
  5. Memakai stamp tool dan helaing tool di satu layer
  6. Berlebihan mengedit hingga foto mblejeh
  7. Mencerahkan dengan salah

Salah memilih modus gambar

Pergilah ke Image > Mode dan kau akan mendapati modus gambar yang bisa kaupilih sebelum melakukan editing. Jika bingung harus pakai yang mana, pilihlah RGB saja. Sebagian besar dokumen menggunakan modus tersebut. Pemahaman warna akan membantu dalam hal ini.

Kenapa pilih RGB?

  • Semua yang berkaitan dengan Web pastilah dalam bentuk RGB
  • Foto digital diambil dalam bentuk RGB dan semestinya disunting dalam bentuk RGB pula
  • Tool dan filter Photoshop kebanyakan tersedia dalam modus RGB
  • Kau tak bisa pindah antara CMYK dan RGB tanpa kehilangan kualitas gambar. Kedua modus ini memperlakukan warnamu dengan cara yang sangat berbeda. Pada CMYK, warnamu akan makin gelap saat dicampur. Sementara RGB akan mencerah.

rgb mode di photoshop
Perilaku warna RGB berbeda dengan CMYK

Akan tetapi, jika tujuan desain atau editing gambar di Photoshop untuk keperluan cetak, maka gunakan CMYK. Dan kalau yang kaugarap adalah foto pacarmu atau orangtuamu untuk dicetak, tetap gunakan RGB. Hampir semua printer bisa menangani berkas RGB dan akan mengubahnya ke CMYK dengan cara cerdas yang telah didesain oleh pembuatnya.

Lalu kapan menggunakan CMYK? Saat membuat brosur, pamflet dan kartu bisnis.

Membuat layer terlalu banyak dan membanggakannya

Di grup dan halaman Facebook, banyak orang mengambil screenshot Photoshop untuk menunjukkan betapa banyaknya layer yang mereka pakai. Mereka memamerkan 100 layer dan membanggakannya sebagai pencapaian yang luar biasa. Salah. Layer banyak tak ada gunanya; itu justru menunjukkan betapa ruwetnya caramu mengedit.

Layer seperlunya saja. Kau bisa memanfaatkan fitur seperti layer mask, layer style, Smart Objects, dan Smart Filters. Menggunakan jumlah layer yang minim akan menjaga kualitas gambarmu.
kebanyakan layer di photoshop tutorial
Contoh penggunaan layer yang kebangetan

Menggunakan Pen Tool seperti guntingan kertas

Aku selalu menyarankan pen tool sebagai alat seleksi, tapi pemakaian yang salah akan membuat fotomu tampak seperti potongan karton. Pen Tool sangat cocok saat kau mengerjakan vektor dan rendering 3D sebab keduanya tidak memiliki depth of field seperti pada foto. Saat memakai pen tool, selalu perhatikan area mana yang tepinya tak boleh diperlakukan tajam. Bermain-mainlah dengan feather dan Refine Edge Tool untuk menghasilkan seleksi yang baik.

Menghitam-putihkan foto dengan hasil yang membosankan

Hindari menggunakan desaturasi (Image > Adjustments > Hue Saturation) untuk menghitam-putihkan foto karena hasilnya bisa nglentem. Alternatifnya, gunakan adjustment layer dengan klik Black & White atau Channel Mixer. Itu akan memberimu kendali yang lebih luas ketimbang menekan CTRL + U
belajar hitam putih photoshop

Memakai stamp tool dan helaing tool di satu layer

Ingin mengobati jerawat atau menghapus bekas luka di pipimu? Gunakan stamp tool atau healing tool, tapi jangan pada layer yang sama. Lakukan itu di layer terpisah. Centang Sample All Layers pada tool bar Photoshopmu dan kau bisa menhapus jerawat dan bekas-bekas luka tanpa menodai gambar di layer bawahnya.
Centang Sample All Layers untuk stampel jerawat

Berlebihan mengedit hingga foto mblejeh

Aku sering muak dengan foto HDR yang berlebihan. Foto yang terlalu banyak diedit sama seperti nasi yang dimasak kelamaan. Gosong dan tidak lezat dimakan. Selalu ingat untuk tidak keterlaluan dalam segala hal, termasuk dalam mengedit fotomu.

Jika efek fotomu terasa terlalu kuat, kau bisa menguranginya dengan menyatukan layer-layer di atasnya menjadi satu layer group. Lalu turunkan opacitynya.
tips edit foto hdr photoshop

Mencerahkan dengan salah

Pengguna Path dan Facebook ingin foto mereka cerah, dan sebagai pengguna Photoshop pemula, mereka akan menerangkan begitu saja gambarnya dengan Levels atau Brightness/Contrast. Jangan tiru. Gambarmu memang akan cerah tapi kau kehilangan detil di area cahaya dan area bayangan. Solusinya: Pakai Curve pada adjustment layer.
trik mencerahkan kulit photoshop


1 Response to "Tujuh kesalahan dalam editing Photoshop"

  1. Wah..., Manteb bener tuh tipsnya,
    hampir semua pernah kecuali layer yang berlebihan

    Thnx

    BalasHapus

wdcfawqafwef