Langkah mudah membuat seleksi Photoshop rapi dan akurat

Entah kau desainer grafis atau sekadar penggemar Photoshop, kau tak luput dari kegiatan seleksi, yaitu memilih bagian gambar untuk kemudian kaupotong. Photoshop menawarkan berbagai alat untuk seleksi. Beberapa di antaranya Lasso Tool, Magic Wand Tool dan Magnetic Lasso Tool. Tapi sebagian alat tersebut tidak selalu menghasilkan seleksi yang rapi dan akurat sehingga gambarmu tampak geripis pada tepi-tepinya.

Daftar isi

Pen Tool

Aku punya siasat untuk membuat seleksimu rapi: Gunakan Pen Tool. Tekan alatnya di Tool Box kiri atau pencet tombol P untuk jalan pintas. Pen Tool berguna untuk, selain menggambar, mencipta seleksi yang bersih. Jika kau baru berkenalan dengan alat ini, bacalah Memakai pen tool untuk menggambar di Photoshop.

Dengan Pen Tool aktif, tekan satu titik di sudut objekmu. Aku pakai segitiga sebagai latihan agar gampang dipahami. Kau bisa terapkan pada gambar hewan, tumbuhan, manusia dan gambar apapun yang kau mau. Lingkaran merah pada gambar di bawah adalah titik Pen Tool yang kaubuat dengan klik di mouse. Tekanlah tiap sudutnya untuk membuat seleksi segitiga.

Seleksi photoshop dengan Pen Tool

Kalau sudutmu salah posisi, misalnya terlalu keluar atau terlalu kedalam area segitiga, kau bisa geser dengan tekan dan tahan tombol Ctrl sambil menggerakkan titik itu menggunakan mouse.

Setelah garis Pen Tool membentuk segitiga yang kauinginkan, sekarang saatnya mengubahnya menjadi seleksi. Tekan Ctrl + Enter, dan garis hasil Pen Tool akan berubah jadi seleksi berbentuk segitiga.

Hasil seleksi rapi dan akurat pen tool photoshop

Masalah umum dalam seleksi

Salah satu masalah yang sering dikeluhkan Photoshopper tentang seleksi adalah hasil yang tidak rapi. Muncul halo di sekeliling objek. Apa itu halo? Baca Menghilangkan halo di Photoshop: Tutorial mudah.

Objek hasil seleksimu dikelilingi warna putih seperti gambar di bawah.

Kesalahan umum dalam seleksi photoshop

Warna putih tersebut sebenarnya adalah background yang ikut terseleksi dan akhirnya ikut terpotong. Dan dalam desain atau fotografi, kita menyebut itu halo.

Bagaimana mengatasi halo

Karena halo adalah seleksi yang melebar keluar objek, cara paling gampang mengatasinya adalah menyempitkan seleksi. Hindari menyeleksi tepat pada tepi objek. Sebagai gantinya, seleksilah dengan memangkas ke dalam bagian objekmu. Misalnya, pada contoh segitiga hijau ini, kita menarik garis sedikit masuk ke wilayah objek, bukan persis pada tepi, apalagi keluar dari batas segitiga. Lihat gambar untuk mempermudah.

Cara mengatasi halo seleksi photoshop

Perhatikan garis merah. Ia garis seleksi yang kutarik tidak pada tepi segitiga, namun sedikit ke dalam. Dengan menarik garis seleksi seperti itu, kau terbebas dari halo, dan seleksimu akan lebih rapi dan lebih akurat--tentu saja kau harus hindari memangkas terlalu banyak.

Hasil seleksi

Saat selesai dengan garis Pen Tool yang memangkas sedikit masuk, tekan Ctrl + Enter seperti sebelumnya.

hasil seleksi pen tool rapi tanpa halo di Photoshop

Hasil seleksi kali ini, bisa kupastikan, akan lebih bersih dibanding sebelumnya dan akan terbebas dari geripis halo yang menyebalkan. Pada nantinya, ketika kau memakai seleksi tersebut untuk mengganti background, gambarmu akan tampil seperti di bawah.

Trik tips seleksi sempurna photoshop CS6

Seleksi dengan Pen Tool ini hampir selalu kugunakan sebagai alternatif untuk Lasso Tool dan Magnetic Lasso Tool, dua alat yang sudah sangat jarang kupakai. Pen Tool juga membantu mempercepat pekerjaanmu sebagai desainer grafis atau sekadar penggemar Photoshop.

6 Responses to "Langkah mudah membuat seleksi Photoshop rapi dan akurat"

wdcfawqafwef