Mengganti warna dengan Color Replacement Tool di Photoshop

Pada posting sebelumnya, kita belajar cara mengubah ukuran foto di Photoshop dengan Crop Tool, Image Size dan Canvas Size. Hari ini kita belajar lagi salah satu tutorial yang paling ditanyakan orang: Cara mengganti warna di Photoshop.

Jika kau bosan dengan tutorial yang ribet dan membingungkan dan melibatkan seleksi, blending mode, dan Paint Bucket Tool, pelajaran ini tidak akan membahas itu. Kita pakai cara yang simple saja. Color Replacement Tool, mungkin kau pernah dengar.

Daftar isi (klik untuk loncat)
  1. Foto bahan
  2. Pilih Color Replacement Tool
  3. Cara kerja Color Replacement Tool
  4. Menguas
  5. Pengaturan lain

Foto bahan


Foto bahan untuk pelajaran ini adalah gambar Sury Samsurya yang dijepret dari hape Oppo dan diedit di Photoshop CS3 tahun lalu dengan mengubah backgroundnya. Boleh kaupakai foto ini atau gunakan fotomu sendiri, mungkin gambar adikmu, kekasihmu atau anjing peliharanmu yang kau ingin ubah bulunya menjadi biru.
foto Sury dengan rim light photoshop backlight
Foto Sury dijepret tahun lalu dengan kamera Oppo Find Piano

Seperti biasa, jalankan Photoshop dan buka gambar bahan yang telah kausiapkan.

Pilih Color Replacement Tool


Jika kau pakai CS3 sepertiku, kau bisa temukan Color Replacement Tool di bawah Brush Tool. Klik kanan pada Brush Tool dan akan tampil peralatan di bawahnya, termasuk Color Replacement Tool. Pada nantinya, kau cukup tekan tombol B di laptopmu untuk kembali ke alat itu. Alat ini dikenalkan pertama kali di Photoshop CS. Ia tersedia hanya di desktop seperti Photoshop CS6 dan tidak terdapat di aplikasi ponsel Adobe Photoshop Touch for Phone.
color replacement tool photoshop

Berbeda dengan Pen Tool, dengan mengaktifkan Color Replacement Tool, kita memperoleh bulatan kuas. Tekan tombol [ kalau ingin mengecilkan dan tombol ] jika mau memperbesar ukuran kuasnya. Bisa juga sambil pencet Shift untuk mengubah kehalusan tepi kuas.

Cara kerja Color Replacement Tool


Ketika kau menyapu gambar dengan Color Replacement Tool, secara cerdas kuas tersebut merekam warna yang kaukerjakan dan menggantinya dengan warna foreground yang ada di bawah tool box kiri. Misalnya, pada foto Sury berikut, aku ingin ganti baju kuningnya dengan biru. Color Replacemnet Tool memahami warna kuning itu sebagai sumber dan menggantinya dengan warna biru yang sudah kupilih sebagai target.
warna foreground photoshop

Maka anggaplah kita menggunakan biru saja sebagai praktek. Pilih warnamu dengan menekan foreground color dan menutul biru di kotak Color Picker. Lanjut.
tutorial pilih warna photoshop

Menguas


Sebenarnya aku tak perlu jelaskan langkah ini. Menguas di Photoshop sama mudahnya dengan mengecat dinding rumahmu untuk lebaran. Sapu area kuning dan hindari keluar dari wilayah baju terlalu banyak. Memang kuas ini didesain untuk mendeteksi warna sasaran, tapi jika kuasmu berlebihan, ia akan melebar.
belajar menguas photoshop

Dan sekarang beberapa sapuanmu mungkin betul-betul keluar dari baju. Solusinya: sampel warna di luar baju dan kuas bagian yang tak sengaja kesapu itu. Begitu seterusnya.
warna photoshop melebar
Kuas melebar keluar baju

Pengaturan lain


pengaturan photoshop yang lain
Pengaturan lainnya
Selain memperbesar dan memperkecil ukuran kuas, Color Replacement Tool di Photoshop memiliki pengaturan lain di antaranya Mode, Limits, Tolerance dan Anti-alias. Mode memberimu pilihan blending bagi kuas.

Limits menawarkan opsi Contiguous,  Find Edges, dan Discontiguous. Dengan Contiguous, kau merubah warna hanya pada area piksel yang kautargetkan. Sebaliknya, Discontiguous mengijinkanmu mewarnai semua area yang warnanya sesuai dengan sampelmu.

Anti-alias membantu menghaluskan tepi area kuas sehingga tidak melebar. Selalulah centang Anti-alias.

Baik, karena sekarang jariku kemeng mengetik, kita sudahi dulu tutorialnya. Pastikan bulu anjingmu sudah berwarna biru.

0 Response to "Mengganti warna dengan Color Replacement Tool di Photoshop"

Posting Komentar

wdcfawqafwef