Cara merubah ukuran foto di Photoshop

Untuk upload Facebook, aku suka gambar kecil karena ia mempercepat proses pengunggahan. Untuk upload blog dan porfolio, aku menggunakan resolusi tinggi. Bagaimana mengubah ukuran gambar di Photoshop agar mengecil atau agar menjadi lebih besar? Ada beberapa cara, dan tiga di antaranya sedang kaubaca pada posting ini.

Daftar isi (klik untuk loncat)
  1. Merubah ukuran foto dengan Image Size
  2. Mengubah ukuran gambar dengan Canvas Size
  3. Merubah ukuran foto dengan Crop Tool

Merubah ukuran foto dengan Image Size


Cara pertama ini adalah yang paling benar dan paling sederhana. Image Size, yang dalam bahasa Indonesia berarti ukuran gambar, akan mengubah besar kecil fotomu dengan atau tanpa menjaga proporsi.

Untuk membuka pengaturan ini, tekan Image > Image Size. Atau biar lebih mudah, pencet CTRL + Alt + i. Dan akan tampil kotak berikut.
tutorial merubah ukuran foto image size
Ganti angka pada Width untuk mengubah ukuran
Ubah sesukamu ukuran yang kauinginkan pada kotak Width atau Height di kolom Pixel Dimensions. Width lebar; height tinggi gambar. Isi dengan angka kecil jika kauingin gambarmu mungil dan angka besar kalau kau mau foto dengan ukuran yang lebih raksasa.

Jangan lupa centang Constrain Proportions di pojok bawah untuk menjaga proporsi gambarmu. Apa maksud proporsi? Gambarmu akan terjaga rasionya, dan angka pikselmu menyesuaikan otomatis ketika tinggi dan lebarnya diubah. Tidak lonjong atau gepeng seperti lemper.

Mengubah ukuran gambar dengan Canvas Size


Berbeda dengan Image Size, Canvas Size mengecilkan dan membesarkan gambar tapi dengan mempertahankan ukuran fotomu. Kita praktek saja biar gampang.
  • Jalankan Photoshop
  • Buka foto dengan tekan File, Open, dan salah satu gambar di folder
  • Tekan Image > Canvas Size atau CTRL + Alt + C
  • Ubah angka di kotak Width menjadi lima atau sepuluh angka lebih tinggi
  • Lihat hasilnya

belajar mengubah ukuran gambar canvas size
Canvas Size merubah besar gambar dasar dan menjaga ukuran foto
Foto gantengmu tetap ada di sana dengan ukuran yang sama tapi kanvas gambarmu membesar sesuai angka width yang kautentukan. Aku memakai Canvas Size lebih sering saat ingin menambah strip hitam di atas dan bawah foto, biasanya untuk mencapai efek cinema.

Merubah ukuran foto dengan Crop Tool


Cara yang terakhir ini lebih seperti memotong ketimbang mengubah ukuran. Dengan crop tool, kau memangkas fotomu sesuai ukuran yang diinginkan. Crop tool bisa diakses dengan tekan  tombol C pada keyboard atau dengan klik icon crop tool di tool box kanan. Lihat gambar.
tips merubah ukuran foto crop tool photoshop
Crop Tool memotong ukuran gambarmu
Klik dan tarik crop tool dari atas ke pojok bawah dan mainkan pembatas kanan dan kirinya untuk memenuhi kebutuhanmu.

Cara manakah yang biasa kauterapkan?

3 Responses to "Cara merubah ukuran foto di Photoshop"

  1. Thank you for this video. I find it very helpful to resize my image in Adobe Photoshop CS3.

    BalasHapus

wdcfawqafwef