Tutorial menambah filter Extrude di Photoshop

Di versi terbaru Photoshop, Adobe menambah beberapa efek geometri. Salah satunya filter Extrude. Filter ini membuat gambarmu dikotak-kotak dan diselonjorkan memanjang ke depan. Bagi profesional, penambahan ini adalah klise yang membosankan. Tapi untuk editor pemula dan fotografer amatiran atau Facebooker sholeh yang alay, filter macam ini memberi mereka editing instan yang keren.

Bagaimana menerapkan filter Extrude?

trik dan tips menambah efek extrude Photoshop

Buka foto di Photoshop. Foto apapun. Mungkin potret ayahmu atau gambar pacarmu yang putus minggu lalu. Usahakan foto tersebut mengandung banyak area warna yang berbeda.

Tekan Filter > Stylize > Extrude. Dan jendela filter muncul. Kau akan lihat beberapa variabel yang bisa kau main-mainkan untuk mencipta efek tersebut. Sebagai percobaan, gunakan pengaturan bawaan saja. Klik OK dan kini gambarmu berubah menjadi sekumpulan bentuk tiga dimensi yang berselonjoran ke depan, dengan sudut pandang di tengah.

Efek ini bisa kau modifikasi supaya hasilmu lebih renyah dan dinamis. Maka undo dulu efek tersebut dengan tekan Ctrl + Alt + Z. Kembali lagi ke filter Extrude.

Opsi pertama adalah mengubah bentuk geometrinya, bisa kotak bisa piramida. Cobalah yang kotak. Hasilnya biasanya lebih bagus. Tapi kalau efek yang kau mau adalah sejenis spiky, gunakan piramida.

cara membuat efek extrude di photoshop CS6

Kau juga bisa mengubah ukuran dan kedalaman bentuk geomtri tersebut. Semakin detil gambarmu, semakin kecil kotak atau piramidamu. Main-mainkan saja pengaturannya hingga kauperoleh hasil yang pas.

Di menu Extrude, terdapat pula Kotak Solid Front Face yang berguna untuk membuat warna datar. Saat kau membuang centang pada kotak itu, potongan gambar asli dari fotomu akan tampil pada setiap kotak. Opsi Mask Incomplete Block, ketika dihidupkan, akan memberi efek tepi yang tegas sehingga kotakmu tampak jelas dan dempal-dempal.

Menggunakan efek Extude dengan kotak atau dengan piramida, kau bisa membuat editing instan dan menghasilkan gambar keren yang bisa kauunggah ke Facebook sebagai foto profil.

1 Response to "Tutorial menambah filter Extrude di Photoshop"

  1. This filter is one of my favorites. I see some Facebook friends use this as their profile pictures. Thank you for the tutorial.

    BalasHapus

wdcfawqafwef