Memahami warna di Photoshop

Bagaimana kau mengatur tatakan warna di Photoshop? Apakah dalam bentuk "color" ataukah dengan palet "swatches?" Jika kau pelukis digital sepertiku, pilihan palet adalah perkara penting. Teknik warna di Photoshop, bagi banyak pemula, merupakan keterampilan yang paling sulit dikuasai.

Tapi sulit dikuasai bukan berarti mustahil dipelajari. Mari berkenalan dengan prinsip dasar warna dan cara menggunakannya dengan benar sehingga kita tak lagi menerka-nerka warna apa yang harus dipakai dan warna mana yang semestinya tidak digunakan. Memang, desain itu urusan feeling, tapi mengandalkan perasaan sepenuhnya tanpa mengetahui prinsip dasarnya sama saja dengan bermain gitar tanpa mempelajari chords dan tangga nada.

Daftar isi


Hue Saturation Brightness (HSB)


Kau pasti tahu benda ini dan sering mendapatinya muncul di pojok kanan jendela Photoshopmu. Untuk mengaktifkan palet HSB, tekan F6 atau klik menu Window > Color. Apa sebenarnya tiga baris warna ini? Bisakah kita menggeser-geser seenaknya untuk menemukan warna pilihan kita? Mungkin saja. Kita akan bicarakan itu sebentar lagi.

Menu HSB bisa juga ditemukan pada aplikasi pengedit gambar di Android seperti Pixlr, PicsArt Studio dan Photoshop Touch for Phone.

Bagaimana cara warna HSB Photoshop


Hue Saturation Brightness, atau terkadang Hue Saturation Value (HSV), adalah tatakan warna yang membantu desainer dan pelukis menentukan seberapa kaya pilihan warnanya dan seberapa terang atau gelap warna itu.

Hue


belajar hue photoshop

Secara sederhana, kau bisa terjemahkan hue sebagai warna. Ya, warna saja. Dengan hue kau memilih merah, hijau, kuning, violet dll. Hue adalah karakter warnamu, adjektiva bagi kata bendamu. Sebagai eksperimen, cobalah kausunting sebuah foto dan tekan CTRL + U untuk masuk menu warna. Baris paling atas adalah hue. Saat kau menggeser hue tersebut, warna pada fotomu akan berubah, mungkin jadi biru, mungkin jadi oranye. Tapi kecerahan fotomu tetap sama. Gambarmu tidak lebih gelap dan tidak menjadi lebih terang karena kau menggeser-geser hue. Ia hanyalah soal warna apa yang kauinginkan.

Saturation


tutorial saturation photoshop

Dalam bahasa Indonesia, istilah ini diterjemahkan menjadi saturasi. Saturasi berkenaan dengan seberapa miskin dan seberapa berlimpah warnamu. Apa maksudnya itu? Kita pakai bahasa Jawa saja. Dalam bahasa Jawa, kita mengenal istilah creng atau ngejreng untuk jenis warna yang menyilaukan mata. Warna-warna ngejreng tersebut memiliki saturasi tinggi. Jika ia merah, ia merah sekali. Jika ia kuning, ia sangat kuning hingga menusuk penglihatan. Sebaliknya, lawan dari ngejreng adalah nglentem. Nglentem berarti tak memiliki saturasi alias hitam putih, tanda bahwa ia miskin warna sepenuhnya.

Sekali lagi, sebagai eksperimen, bukalah satu foto di Photoshop dan tekan CTRL + U lagi untuk menampilkan jendela warna. Geser saturasinya ke kanan dan fotomu akan ngejreng. Geser ke kiri dan gambarmu akan hitam putih.

Value atau Brightness


tips trik brightness phothoshp

Seperti namanya, engkau tentu tahu apa maksud brightness. Ia adalah takaran gelap dan terang dari warnamu. Misalnya kau punya merah, dan kau ingin ia menjadi merah muda, maka cukup naikkan kecerahannya dan jadilah ia pink. Lalu gelapkan brightnnessnya dan jadilah ia merah tua.

Menerapkan value dengan baik, dalam seni melukis, adalah kunci karya yang berhasil. "Jika valuemu benar," kata seniman digital Amerika Craig Mullins, "maka warna apa saja tak masalah."

Untuk memahami value lebih mudah, kau bisa menyandingkannya dengan Wedha's Pop Art Portrait (WPAP), aliran potret temuan Pak Wedha yang berasal asli dari Indonesia. Seni WPAP mengandalkan keakuratan value pada potretmu. Saat kecerahan warnamu betul, maka tak peduli warna apa yang kaupakai, WPAPmu akan tetap sukses.

HSB atau juga HSV, secara singkat, mengendalikan warna dalam tiga kategori: kecerahannya, kekayaannya dan pilihan dasarnya. Dengan hue, kau menentukan apakah hijau atau oranye. Dengan saturation, kau menentukan apakah ngejreng ataukah nglentem. Dengan brightness, kau menentukan apakah cerah ataukah gelap. Dan dengan Photoshop, kau bisa mengatur segala urusan itu dengan satu dua klik di mouse atau pulpen grafismu.

0 Response to "Memahami warna di Photoshop"

Posting Komentar

wdcfawqafwef